Mengenal JAILBREAK, ROOT, UNLOCK PHONE dan UNLOCK BOOTLOADER pada Smart Phone Anda

Anda pasti pernah mendengar atau membaca kata-kata aneh diatas, kata-kata itu bukan sebuah monster dari luar angkasa, tetapi itu adalah istilah yang familiar di sebut dalam tekhnik hacking sebuah smartphone

Perlu kita ketahui bahwa smartphone diproduksi oleh beberapa vendor seperti samsung,apple,blackberry,HTC dan lainnya, begitu juga dengan operasi sistem yang dipakai seperti IOS , windows mobile dan android. 

Setiap tipe smartphone ada kelebihan dan kelemahan masing-masing. begitu juga dengan operasi sistem yang dipakai. tentunya sebagai pengguna smartphone, anda ingin memaksimalkan fitur-fitur yang ada di dalamnya. dengan memaksimalkan fiture yang ada, biaya yang diperlukan semakin sedikit, dan memberi keluasan kepada anda untuk menggali sumber daya yang ada di dalam smartphone kesayangan anda. 

Sebagai pihak produsen atau vendor yang memproduksi smartphone, pastilah ingin memberikan kenyamanan kepada pengguna agar smarphone yang diproduksinya dapat menarik pasar yang lebih besar dan meraup keuntungan sebesar-besarnya. namun, untuk mengikat pasar atau pemakai, tentu sebuah vendor memberikan suatu keterbatasan kepada pengguna supaya smarphone yang di produksi tidak lari dari standarisasi fiture yang tertanam.

Terkadang pembatasan fiture tersebut membuat beberapa pengguna mengalami keterbatasan untuk memaksimalkan fiture yang ada dan menambahkan aplikasi dari pihak lain. seperti yang kita kenal sebuah vendor iphone, iphone membatasi pengguna dalam mengakses aplikasi yang tidak terdaftar di situs mereka, dan mewajibkan membeli aplikasi tersebut untuk di tanamkan di ponsel pintar anda. misalnya kita ingin mendownload sebuah lagu, iphone mewajibkan anda untuk membeli lagu tersebut supaya anda bisa mendengarkannya. tentu saja hal ini sangat menjengkelkan apalagi disaat kantong kita tipis dan memerlukan hiburan dari hanphone tersebut.

Untuk mengakali keterbatasan kita dalam mengakses firture yang diproteksi oleh vendor maupun operations sistem, ada beberapa istilah yang perlu kita ketahui. diantaranya adalah:

JAILBREAK
JailBreak adalah suatu proses menghilangkan batasan akses dari vendor. sebutan ini khusus untuk perangkat smartphone iOS /apple phone.

metode ini terlihat mengaju terhadap pembajakan, tetapi dapat menghilangkan batasan untuk menginstal aplikasi pihak ketiga diluar app store. pengguna harus menyadari bahwa dengan menerapkan jailbreak ini juga dapat mengganti email dan bowser defauld iOS.

tidak hanya di iphone, jailbreak juga dapat dilakukan pada microsoft surface RT, yang mana kita dapat menginstal aplikasi selain dari microsoft itu sendiri, dan kita juga dapat menginstal aplikasi desktop lain.

tetapi untuk melakukan jailbreak, seseorang haruslah menemukan celah keamanan dari perangkat tersebut, tentunya sangat berbeda dengan operasi sistem android yang mana tanpa jailbreak kita bisa menginstal aplikasi dari pihak ketiga.

ROOT / ROOTING
seperti kita ketahui Root adalah sebuah akar, maka Root / Rotting adalah sebuah proses untuk mendapatkan akses root  / Rotting ke perangkat. dengan mendapatkan akses root  / Rotting, anda sama seperti admin di windows
tetapi hal ini hanya dapat dilakukan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi linux dan turunannya, seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi android merupakan turunan dari karnel linux.

dengan mendapatkan akses root, kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan, seperti anda akan menginstal aplikasi atau menanamkan operasi sistem lain di smartphone anda. namun jika anda tidak terlalu mengetahui seluk-beluk dari linux, maka ini akan berbahaya jika anda lakukan, karna data anda yang ada di smarphone kesayangan anda bisa saja di retras oleh orang lain yang bermaksud jahat, seperti alamat akun email anda maupun data pribadi yang anda simpan. 

oleh karna itu setiap vendor yang memproduksi smartphone android tidak menganjurkan Rooting pada produksi mereka, karna sangat rentan bagi keamanan penggunanya.

UNLOCK PHONE
unlock phone dilakukan jika smartphone anda dikunci oleh pihak vendor yang bekerja sama dengan operator seluler, yang dimaksud dikunci disini adalah anda tidak bisa menggunakan simcard lain selain operator yang bekerjasama dengan vendor
misalnya anda membeli sebuah hendphone andromax yang hanya bisa memakai kartu dari operator smartfriend, maka jika anda menggunakan tehnik unlock ini, anda bisa menggunakan kartu CDMA lain seperti flexi dan star one dari operator yang berbeda, 

kerugian penerapan unlock adalah hilangnya garansi dari vendor, tetapi cukup banyak keuntungan yang didapat, dan memberikan keluasan kepada kita untuk memilih operator dengan signal terbaik di lokasi anda.

UNLOCK BOOTLOADER
seperti yang kita ketahui bahwa android merupakan sistem operasi open source. kita dapat mengotak-atik sistem yang berada didalamnya dengan menggunakan root, namun root hanya bisa untuk mengakses aplikasi atau hanya bisa untuk otak-atik pada sistem operasi defauld saja, karna kita belum bisa mengakses memori ROM (read only memory) yang didalamnya tersimpan informasi vendor pembuat dan informasi dari smartphone digunakan.

Dengan menggunakan Unlock bootLoader kita bisa merubah informasi vendor dan informasi smartphone anda, misalnya anda menggunakan smartphone dengan merek MITO. tentu saja saat dihidupkan logo MITO yang muncul dan informasi dari vendor, maka dengan kita mengunlock bootloader, anda bisa merubah logo tersebut dengan misalnya logo samsung

unlock bootloader sama saja dengan membuka kunci dari ROM memori. sehingga kita bisa menginstal rom dari vendor lain untuk ditanamkan di smartphone anda, bahkan anda bisa menginstal sistem operasi lain seperti Ubuntu mobile, webOS dan CromeOS selama sistem operasi tersebut mendukung perangkat ponsel anda.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB