Mengenal Teknologi "Wireless Charging" untuk mengisi batray ponsel

ADSENSE HERE!
Apa itu Wirelless Charging ?

Pengisian induktif (juga dikenal sebagai "wireless charging") menggunakan medan elektromagnetik untuk mentransfer energi antara dua benda. 

Hal ini biasanya dilakukan dengan stasiun pengisian. Energi dikirim melalui kopling induktif untuk perangkat listrik, yang kemudian dapat menggunakan energi itu untuk mengisi baterai atau menjalankan perangkat.

Pengisi induksi biasanya menggunakan kumparan induksi untuk menciptakan medan elektromagnetik bolak balik dari dalam base station pengisian, dan kumparan induksi yang kedua pada perangkat portabel mengambil daya dari medan elektromagnetik dan mengubahnya kembali menjadi arus listrik untuk mengisi baterai

Kedua kumparan induksi dalam jarak ini bergabung membentuk sebuah transformator listrik. jarak yang lebih besar antara pengirim dan penerima kumparan dapat dicapai ketika sistem pengisian induktif menggunakan resonansi coupling induktif

Inovasi terbaru untuk sistem resonansi ini termasuk menggunakan transmisi lilitan coil bergerak dipasang pada platform perangkat atau ponsel, dan penggunaan bahan canggih untuk kumparan penerima yang terbuat dari perak berlapis tembaga atau kadang-kadang aluminium untuk mengurangi berat badan dan menurunkan daya tahan karena efek kulit . www.wikipedia.com

Pengisian nirkabel atau wireless charging pada dasarnya merupakan transmisi arus listrik dari sumber listrik ke perangkat penerima tanpa menggunakan koneksi fisik atau kabel. Arus listrik kemudian digunakan untuk mengisi atau mengisi ulang baterai dari perangkat penerima. Dalam hal ini perangkat penerima bisa apa saja dari smartphone atau dapat dipakai untuk forklift industri besar. beberapa konsep yang dapat di terapkan seperti video dibawah ini:


Bagaimana Wireless Charging Bekerja?

Pengisian nirkabel atau Wirelless Charging didasarkan pada prinsip Wireless Daya atau Magnetic Resonance - yang mana listrik ditransfer antara dua benda melalui kumparan.

Diagram di bawah menunjukkan proses transfer daya nirkabel ke 5 langkah:


  1. Tegangan listrik diubah menjadi bolak-balik pada frekuensi tinggi current (AC).
  2. Arus bolak-balik (AC) yang dikirim ke kumparan pemancar oleh rangkaian pemancar. Arus bolak-balik kemudian menginduksi medan magnet berubah dalam kumparan pemancar.
  3. Arus bolak-balik yang mengalir dalam kumparan pemancar menginduksi medan magnet yang meluas ke kumparan penerima (ketika dalam jarak tertentu).
  4. Medan magnet menghasilkan arus dalam kumparan penerima perangkat. Proses dimana energi ditransmisikan antara pemancar dan penerima kumparan juga disebut sebagai kopling magnet atau resonansi dan dicapai oleh kedua kumparan beresonansi pada frekuensi yang sama.
  5. Arus yang mengalir dalam kumparan penerima diubah menjadi arus searah (DC) dengan rangkaian penerima, yang kemudian dapat digunakan untuk mengisi baterai.

Melalui proses yang diuraikan di atas, power dapat ditransfer dengan aman melalui celah udara dan juga melalui benda non-logam yang mungkin ada di antara kumparan yaitu kayu, plastik, granit. Penambahan extra (lebih besar) gulungan transmitter juga dapat memperluas jangkauan di mana power dapat ditransfer.

Apa yang dimaksud dengan "Resonant" di pengisian nirkabel atau Wireless Charging?

Jarak perpindahan yang lebih besar dan efisiensi yang lebih tinggi dapat dicapai melalui resonansi - dimana pemancar dan penerima kumparan berosilasi (beresonansi) pada frekuensi yang sama.
Frekuensi resonansi ini mengacu pada frekuensi di mana objek alami bergetar atau berdering - seperti cincin garpu tala yang mana pada frekuensi tertentu dan dapat mencapai amplitudo maksimum mereka.

Apa Manfaat Wireless Charging?

  1. Kenyamanan yang lebih besar dan di mana-mana untuk pengisian perangkat sehari-hari
  2. Mengurangi biaya yang terkait dengan mempertahankan konektor mekanik
  3. Powering atau pengisian perangkat yang aman yang harus tetap steril atau tertutup rapat (tahan air)
  4. Mencegah korosi akibat unsur-unsur seperti oksigen dan air
  5. Menghilangkan bunga api dan puing-puing yang berhubungan dengan kontak kabel
  6. Pengisian nirkabel untuk smartphone atau tablet

Sejarah Penggunaan Wireless Charging


Seperti keterangan di atas, Magnet Mengisi pengisian induktif atau wireless charging dipekerjakan oleh beberapa jenis kendaraan listrik sekitar tahun 1998, namun dihentikan setelah California Air Resources Board memilih SAE J1772-2001, atau "AVCON", konduktif pengisian antarmuka untuk kendaraan listrik di California pada bulan Juni 2001.

Pada tahun 2009, Evatran, anak perusahaan dari MTC Transformers, secara resmi memulai pengembangan plugless Power, sistem pengisian induktif dan mereka mengklaim bahwa yang pertama di dunia hands-free, plugless, pada sistem pengisian untuk kendaraan listrik.  Dengan partisipasi di beberapa kota lokal  uji coba lapangan yang dimulai pada bulan Maret 2010.

Para peneliti di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) telah mengembangkan sistem listrik transportasi (disebut online Electric Vehicle, OLEV) di mana kendaraan mendapatkan kebutuhan listrik mereka dari kabel bawah permukaan jalan melalui non-kontak pengisian magnetik (di mana sumber daya ditempatkan di bawah permukaan jalan dan daya nirkabel mengangkat telepon pada kendaraan itu sendiri). Sebagai solusi pada kemacetan lalu lintas dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dengan meminimalkan hambatan udara dan mengurangi konsumsi energi, kendaraan uji mengikuti jalur listrik dalam formasi konvoi. Pada bulan Juli 2009, para peneliti berhasil menyediakan hingga 60% listrik ke bus melalui celah dari 12 cm.

Keuntungan utama dari pendekatan induktif untuk pengisian kendaraan yaitu tidak ada kemungkinan sengatan listrik, karena tidak ada konduktor terbuka, meskipun interlock, konektor khusus dan RCD (interruptors kesalahan tanah, atau GFIs) dapat membuat kopling konduktif hampir sama aman.

Induktif pengisian pendukung dari Toyota berpendapat pada tahun 1998 bahwa perbedaan biaya keseluruhan yang minim, sementara pengisian pendukung konduktif dari Ford berpendapat bahwa pengisian konduktif adalah biaya lebih efisien.

Pada tahun 2010 dan seterusnya, pembuat mobil mengisaratkan minat mereka dalam pengisian nirkabel sebagai bagian lain dari kokpit digital. Sebuah kelompok diluncurkan pada Mei 2010 oleh Consumer Electronics Association untuk menetapkan dasar untuk interoperabilitas untuk pengisi. Dalam satu tanda jalan di depan seorang eksekutif General Motors yang memimpin kelompok usaha standar.  maneger Toyota dan Ford  mengatakan mereka juga tertarik pada teknologi ini dan akan menetapkan standarisasi.

Daimler Kepala Mobility Future, Profesor Herbert Kohler, telah menyatakan hati-hati dan mengatakan pengisian induktif untuk EVS setidaknya 15 tahun lagi dan aspek keselamatan pengisian induktif untuk EVS masih harus melihat ke dalam secara lebih rinci. Sebagai contoh, apa yang akan terjadi jika seseorang dengan alat pacu jantung adalah dalam kendaraan? Kelemahan lain adalah bahwa teknologi membutuhkan keselarasan yang tepat antara baterai dan fasilitas pengisian.

Pada bulan November 2011, Walikota London, Boris Johnson, dan Qualcomm mengumumkan uji coba dari 13 poin pengisian nirkabel dan 50 EVS di wilayah Shoreditch London Tech City, karena akan diluncurkan pada awal tahun 2012.

Bagaimana Cara Membuat Wireless Charging Sendiri?

Untuk membuat Wireless Charging sendiri, sebaiknya kita harus mengenal dulu sistem kerja dan bagaimana penerapannya, untuk lebih jelas anda bisa melihat di video ini:


Setelah anda mengetahui prinsip kerja dari wireless charging, tentu saja kita ingin menerapkan nya di kehidupan sesehari, misalnya untuk mengisi daya pada ponsel anda, berikut cara membangun projek wireless charging pada handphone anda.
video ini membuat konsep wireless charging untuk modul pengisian dan apa saja alat dan bahan di butuhkan untuk penerapannya.


Agar bisa di terapkan di pansel anda, ini tahapan yang dapat diterapkan pada segala jenis ponsel, semoga video ini bermanfaat untuk anda:



ADSENSE HERE!

1 comment:

  1. Dubril Firm Loan menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
    tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
    Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
    Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
    Email: dubrilloanfirm@gmail.com
    Skype: dubrilloanfirm1

    ReplyDelete

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB