close

Cara memperbaiki tv tunner tdss-g221d toshiba yang hilang siaran


GoOfStupid.com ~ Permasalahan klasik yang sering kita temukan pada type lcd merk toshiba yaitu masalah siaran hilang atau no signal, masalah ini sering disebabkan oleh kondisi tuner tdss-g221d  yang rusak, setelah di ganti dengan tuner baru masalah teratasi,

problem nya saat ini adalah harga tuner yang selangit, jika kita liat harga di online shop harga nya paling rendah sekitaran Rp.200.000 dan itu cukup membuat kantong bocor, jika bisa diperbaiki malah lebih bagus

sering kita jumpai tunner tdss-g221d rusak/error yang ditandai dengan pada PCB bawah agak kelihatan kecoklatan, hal ini disebabkan oleh kinerja ic yang maksimal sehingga menyebabkan IC panas dan membuat bagian bawah pcb agak kecoklatan.

untuk mengetahui kondisi ic saya coba membuka dengan menggunakan gerinda, bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



setelah di buka dengan gerinda pada tdss-g221d, keliatan di sekitaran kaki ic 2156 terdapat flek kotoran yang menempel dan mengering berwarna kecoklatan.



cabut IC 2156 tersebut pada tdss-g221d, lalu bersihkan pcb pada tuner tdss-g221d dengan bensin atau thiner, pasang kembali ic tersebut menggunakan solder uap.


coba pasang dan rakit kembali tv dan coba hidupkan, ternyata tv hidup dan signal channel tv dapat diterima,

1 comment:

  1. Kasus sama ganti tuner tdss g221d tapi tiadak keluar raster(Bluescreen)cek tegangan pin tuner rata*3.3 kira-kira apanya gan ?

    ReplyDelete

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB