Fix Troubleshooting Insert Sim card in NOKIA X2-02 and NOKIA 1600

ADSENSE HERE!

Goofstupid.com ~ Gua dapat kasus dua buah handphone Nokia yang mana keduanya memiliki permasalahan yang sama. Handphone pertama yang masuk yaitu Nokia X2-02 dauble sim card dan handphone yang kedua masuk Nokia 1600 (hp jadul).

Sebelumnya gua minta maaf judul postingannya sedikit berbau bahasa planet, sengaja gua buat biar mbah google sedikit melek liat postingan gua hahhaha... :)

Kembali ke laptop... ehh ke topik masalah.. yang pertama kita bahas adalah si NOKIA X2-02. handphone ini memiliki  kelebihan 2 slot sim card, dan satu slot memory card. oke.. mari kita bahas secara detail.

NOKIA X2-02 Insert Sim Card Solutions

Ni Hp pertama emang buat gua bingung, saat pertama kali gua hidupin langsung minta Sim, kayak pak polisi aja. trus gua kasi Sim C dia gak mau, Sim A juga gak mau,,, jd maunya Sim apa sih maunya Hp nich? Sim salabin kali ya.. wwkwkkwkw.. just kidding gan... :)

Sekarang mulai serius ni gan..
Masalah insert sim card yang terjadi pada sebuah handphone banyak disebabkan oleh terjadinya putus jalur atau short(korslet) di IC atau driver filter sim card, perhatikan gambar dibawah ini yang saya ambil dari schematich nya. jika anda tidak punya coba download dulu disini.

Dari gambar tersebut bisa kita liat fungsi dari IC atau driver SIM card hanya sebagai filter atau penyaring tegangan yang menuju slot sim card, jika terjadi sort di slot sim card maka IC driver akan putus, ini di buat agar IC power Utama tidak mengalami gangguan yang disebabkan oleh korsletnya modul sim card,

Pada kasus ini, handphone tidak lagi bisa membaca sim card yang kita masukkan kedalam slot sim card, untuk mengatasinya adalah dengan cara mengganti driver/IC sim cardnya. namun sebelum kita mengeksekusi bahwa IC sim cardnya yang rusak, terlebih dahulu lakukan pengecekan dengan cara mengukur resisten nya dengan alat multi tester, berikut cara pengukuran resistennya:

Dari 6 kutub tembaga yang berada di slot sim card, ada 4 kutub yang wajib kita periksa, lihat pada gambar di bawah ini: 

Pemeriksaan dilakukan dengan cara mengukur resisten dengan multi tester yang mana jarum (+) pada multi tester di tempelkan di salah satu titik pin tembaga slot dan jarum (-) di tempelkan ke ground board handphone, lakukan sebaliknya dengan merubah jarum kutub, periksa ke empat pin tersebut, jika terdapat nilai resisten (dipastikan tidak sort/nilat 1) maka IC dalam keadaan baik, jika terdapat satu yang tidak ada nilai resistennya maka IC tersebut bisa di katakan rusak, 

Pada saat pengukuran disimpulkan IC driver sim nya rusak, anda bisa mengganti IC tersebut dengan yang baru, namun terkadang part yang yang di butuhkan tidak ada, solusi lain adalah dengan menyambung langsung jalur ke jalur IC power dengan melakukan jumper, namun resiko dalam melakukan ini adalah tidak adanya lagi pengaman (istilahnya skring) di karnakan IC driver sim nya telah kita cabut. 

Untuk melakukan jumper jalur terlebih dahulu anda harus mencabut IC sim cardnya, dan menyambung dengan kawat jumper seperti gambar di bawah ini.

Namun ada kasus lain jika pada saat pengukuran resisten tidak menemukan masalah dan dipastikan IC driver bekerja dengan baik namun Handphone masih meminta memasukkan sim card, pada kasus ini biasanya Vsim tidak mengeluarkan tegangan, cara mengukurnya dengan multi tester saat hanphone pertama kali dihidupkan, Vsim akan mengeluarkan tegangan sebesar 1.8 volt, jika tegangan yang keluar tidak ada atau ada namun kecil, coba lakukan penggantian capasistor yang berada di jalur Vsim tersebut, namun jika capasitor di yakin tidak bermasalah, anda bisa mengambil tegangan lain seperti Vio atau Vcore dengan melakukan jumper ke kutub Vsim tersebut.

Yang terahir jika tindakan diatas masih tidak menemukan hasil maka dipastikan IC power anda yang rusak, sebaiknya anda kembalikan saja HP nya ke konsumen jika IC powernya telah bermasalah, karna saya rasa biaya dengan ongkos yang di keluarkan tidak sesuai dengan riset yang dikeluarkan hehehheh... 

Nokia 1600 Insert Sim Card Solutions

Dalam kasus pada nokia jenis ini hampir sama dengan tindakan pemeriksaan pada kasus nokia x2 diatas, hanya perbedaan nya posisi dari slot sim card dan IC drivernya

Untuk tahap pemeriksaan lakukan seperti cara diatas, periksa dengan panduan skema anda, jika tidak anda bisa mendownloadnya disini

Sebagai panduan saat penjumperan anda bisa melihat pada gambar ini:

Adapun Kasus Unik lainnya Pada Hp nokia 1600 ini adalah tidak cocoknya batray yang anda gunakan, Saya pernah menjumpai kasus tersebut, konsumen memakai batray Hitam yang biasanya berlebel BCXXX, saat hp saya periksa, semua pin tembaga dalam keadaan baik, dan saya mencoba menggunakan power suplay untuk menghidupkan hp tersebut, herannya saat memakai power suplay, sim tersebut terbaca oleh handphone.

Sehingga saya mencoba lagi dengan batray aslinya yaitu BL4c atau BL5c. dengan menggunakan batray ini, sim card kembali terbaca oleh handphone. maka saya simpulkan permasalahan utama adalah penggunaan batray yang tidak cocok pada handphone ini. atau konektor BSI pada handphone tidak terkoneksi dengan baik ke batray.

Sekian tipst dari saya.. jika anda ragu dan ingin bertanya, silahkan mengisi kotak komentar di bawah. terimakasih.. see more the tips...
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB