close

Mengenal Ciri-ciri Kepribadian yang Negatif

negatif
Apakah anda mengenal orang yang selalu memperhatikan sisi negatif dalam sesuatu yang positif? ada beragam tipe kepribadian manusia. Ada pribadi pembicara, pemimpin, penyayang, penyelesai masalah, dan lain-lain. sebagai contoh ada seseorang yang hidup di dalam keluarga yang biasa bersikap dan berbicara secara negatif, dan ia pun meyakini bahwa perilaku itu merupakan perilaku alami yang ia gunakan untuk bergaul dengan orang lain. tampa ia sadari ia lakukan perilaku itu secara berulang hingga menjadi kebiasaan.

Berikut ciri-ciri kepribadian yang negatif:

1. Keyakinan dan bayangan negatif
Kepribadian yang negatif lebih sering meyakini kegagalan daripada keberhasilan. bayangan kegagalan selalu ada dalam pikirannya.

2. Menolak Perubahan
Karena keyakinan dan bayangan negatif, seseorang menolak perubahan apapun yang mengeluarkannya dari zona aman dan nyaman, ia menolak perubahan dan menyelamatkan diri dengan berbagai cara

3. Tidak berperan aktif menyelesaikan masalah.
Karena kepribadian yang negatif berhubungan erat dengan perasaanya dalam menghadapi masalah, maka tindakannya lebih mengarah pada mempertegas sesuatu daripada penyelesaiannya. dalam banyak kasus, orang dengan kepribadiannya seperti ini akan panik dan emosional. akibatnya masalah yang dihadapi semakin kacau dan kompleks. jadi, masalah sebenarnya ada di dalam dirinya sendiri.

4. Selalu mengeluh, mencela, dan melihat sisi negatif dari segala sesuatu.
Ketika kepribadian negatif menghadapi masalah, ia cendrung menyalahkan orang lain atau suatu dan pengalaman pahit yang dia alami wakru kecil. ia tidak mau bertanggung jawab dan malah melemparkan tanggung jawab itu kepada orang lain.

5. Selalu merasa frustasi, sendiri, dan gagal
Karena pikiran negatif yang berkali-kali dan menguatkannya sehingga menjadi kebiasaan maka ia selalu dibayang-bayangi kegagalan. jika sudah demikian, ia tidak lagi punya harapan untuk maju dan berkembang. karena ia menggunakan cara-cara mencela dan mengkritik maka hal ini akan berbalik kepadanya dan mempengaruhi perasaannya, dari waktu kewaktu perasaan ini kian menumpuk dan mengakar dalam akal bawah sadar hingga menjadi spontanitas yang tak disadari.

6. Hasil kerja dan pencapaian individunya menjadi lemah
Hanya sedikit target hidup yang dapat ia capai, pikiran dan perasaan negatif tidak akan membantu orang untuk maju dan berkembang, bahkan sebaliknya, pikiran dan perasaan negatif hanya akan membuatorang semakin jauh dari cita-citanya, baik di tempat kerja maupun dalam kehidupannya.

7. Senang menyendiri dan tidak mampu bersosialisasi hingga tidak mempunyai sahabat
Tidak seorangpun mau berdampingan dengan orang yang berkepribadian negatif, karena sikap dan perilaku orang seperti ini selalu negatif maka orang-orang pun akan menjauhinya, jika demikian ia akan terasingkan dan kemudian bermuram durja.


No comments:

Post a Comment

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB