close

Punya masa lalu buruk? Ini cara mengatasinya.

Melupakan Masa Lalu
Tahukah anda? Ketika kita dilahirkan, data di pikiran kita masih jernih, tidak mempunyai makna dan format Bahasa apapun. Bahkan belum mengerti apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Setelah itu Orang tua kita lah yang memulai mengajaknya kerkomunikasi, seperti gerakan tubuh, expresi wajah secara berulang-ulang sampai kita bisa mengucapkan dengan kata-kata.

Seiring waktu kita mulai tumbuh besar, dan mulai memiliki pengetahuan yang sederhana tentang yang terjadi di sekitar kita, pengetahuan ini memberikan pemahaman tentang apa yang kita tangkap dari kata-kata tertentu dan menggambarkan pengertian di dalam pikiran kita, proses inilah akal kita mulai membuka dan membentuk file-file data kognitif bagi pemahaman pengertian tersebut.

Setiap file-file secara khusus memuat pemahaman pengertian tertentu, maka setiap kita mendapatkan pengelaman baru dan pemahaman pengertian baru, akal kita akan merekam pengalaman ini dalam file khusus tersebut.

Seperti contoh: file marah, setiap kali kita merekam seluruh pengalaman marah yang terjadi di dalam hidup kita dalam file marah. File cinta, setiap kali kita menemukan sesuatu yang memiliki pemahaman tentang cinta, akal kita akan merekam sesuatu itu ke dalam file cinta.

Demikian lah akal kita yang terus melakukan proses membuka file dan menyimpan berbagai pangalaman ke dalam file-file yang sesuai dengan pengalaman yang kita temui. Oleh karna itu terbentuklah file cinta, file kasih saying, file takut, file berani, file kegagalan, file kesuksesan, file kebahagian dan banyak lagi file yang dibentuk dan diuraikan ke sub folder nya masing-masing, Sehingga di dalam akal kita terdapat banyak arsip file yang berisi pengetahuan, Bahasa, norma, keyakinan, dan prinsip. Setiap kali kita menghadapi masalah yang baru

Nah!!.. bagaimana cara kita untuk menghiangkan masa lalu yang buruk, Yang mungkin jika kita teringat akan masa lalu tersebut akan menyayat jiwa ketika kita kembali menyendiri dan isak tangis mulai pecah dan perasaan – perasaan negative itu itu muncul kembali.

Di dalam diri kita terdapat file khusus yag menyimpan seluruh peristiwa itu, file tersebut memiliki cabang yang berhubungan dengan file-file lain yang terbuka, maka, untuk merubah secara menyeluruh harus dimulai dari dalam diri anda sendiri. Cara sederhana yang mungkin dapat anda terapkan adalah:
  1. Menutup lembaran masa lalu dengan mengenang masa muda anda, Cara ini digunakan untuk membuat perasaan anda tenang dengan mengingat kembali masa muda anda yang indah dulu, paksakan diri anda untuk menelusuri arsip file masa muda anda dengan suatu primery key ( kata kunci) seperti bertemu dengan sahabat lama anda. 

  2. Memutuskan tali hubungan dengan individu yang terkait pada masa lalu buruk anda.
    Jauhkan diri anda dari individu yang terkait dan memulai mengenal individu yang baru yang lebih baik dan dapat menjadikan anda menatap masa depan yang baru dan lebih baik. 

  3. Meyakinkan diri membangun masa depan yang cerah, apapun rintangannya yang anda hadapi.
    Cara ini bertujuan untuk merubah file-file negative menjadi file-file positif sehingga mendukung kita agar bisa tegar.

Untuk menjadikan perubahan file yang sempurna seperti yang anda inginkan, mulailah dari dalam diri anda dengan mengubah file khusus yang terkait dengan hal masa lalu buruk anda, seperti halnya firman allah, “ sesungguhnya allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum hingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (al-Ra’d: 11).

No comments:

Post a Comment

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB