close

Membuat Generator Listrik / Genset Tanpa Memakai BBM

Goofstupid.com ~ Seiring Isu kenaikan BBM yang sangat meresahkan juga memberikan dampak yang cukup banyak terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia, tentunya kita saat ini kita diharuskan lebih berhemat agar kebutuhan lainnya dapat terpenuhi.

Listrik sekarang merupakan kebutuhan primer yang kita tak bisa lepas dari energi yang satu ini, karna semua alat dan pekerjaan kita pastinya membutuhkan sumber energi listrik.

Ketergantungan kita terhadap energi membuat kebutuhan energi semakin meningkat, tetapi sekarang ini pemerintah yang sebagai penyedia dan pemasok energi ke masyarakat dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya meningkat.

Saat ini pembangkit listrik milik pemerintah mengandalkan energi fosil seperti minyak bumi dan batubara yang semakin lama akan semakin berkurang ketersediaannya, dan juga memiliki dampak lingkungan. 

Pemanfatan energi alternatif sekarang juga digalak kan untuk menggantikan ketergantungan terhadap energi fosil seperti BBM, ide-ide kreatif seperti pemanfaatan sinar mata hari, angin dan air juga telah diaplikasikan untuk menggantikan ketergantungan tersebut, namun biaya dalam pengaplikasian pemanfaatan energi tersebut dianggap cukup mahal dan kurang flexible jika di aplikasikan untuk sektor bisnis yang berpindah-pindah. 

Penggunaan Generator listrik dijadikan alternatif untuk menghasilkan energi listrik yang sekarang banyak dijual dengan menggunakan motor berbahan bakar fosil, yang tentunya memakan biaya cukup mahal dan pemeliharaan yang juga memakan biaya.

Untuk mewujudkan mimpi dalam membangun energi murah, aman dan ramah lingkungan tentu saja kita memerlukan pengetahuan yang cukup. seperti yang pernah kita pelajari saat kita duduk dibangku SLTP tentang hukum kekekalan energi "energi dapat berubah bentuk ke bentuk yang lain, tetapi tidak dapat di ciptakan maupun di musnahkan". sumber:www.wikipedia.com.

dari hukum kekekalan energi tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa energi hanya bisa berubah bentuk, nah.. kita ingin menghasilkan energi listrik kan? pertanyaannya:

Bagaimana merubah bentuk energi yang mudah di dapat sehingga menghasilkan energi listrik?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, kita telusuri pemanfaatan energi listrik yang umum digunakan, energi listrik umum digunakan untuk elektronik dan motor listrik yang menghasilkan tenaga gerak. dan gerakan itu di manfaatkan sedemikian rupa untuk keperluan seperti kipas angin, pemutar mesin dan sebagainya. listrik dihasilkan melalui mesin generator dan di putar menggunakan tenaga gerak seperti kincir atau turbin maupun mesin. 

nah dari uraian di atas kita simpulkan bahwa listrik dihasilkan melalui tenaga gerak dan listrik dapat menghasilkan tenaga gerak. maka kita bisa lihat skenario melalui gambar dibawah ini:

Gambar di atas menunjukkan bahwa motor listrik menggerakkan generator, motor listrik di nyalakan dengan aliran listrik, sedangkan motor generator menghasilkan energi listrik. coba lagi anda lihat gambar dibawah ini:


Dari gambar diatas, apakah menurut anda bisa direalisasikan? yang mana pertama kali tenaga dari motor dihidupkan dengan listrik untuk memutar generator, lalu generator menghasilkan listrik dari energi putar dari motor dan disalurkan kembali ke motor listrik dengan menggunakan swict atau saklar. 

Teorinya cukup mudah, namun pasti ini tidak dapat direalisanikan karna beban dari motor juga berpengaruh terhadap putaran dari generator

Jadi bagaimana untuk mengendalikan beban motor saat motor dialiri listrik dari generator?

Untuk mengatasi beban dari motor listrik, kita memanfaatkan sebuah penyeimbang putaran seperti fly weel atau roda gila, yang mana momen yang dihasilkan dapat menstabilkan putaran baik itu dalam mesin bermotor bakar, maupun mesin motor listrik.
seperti gambar diatas, namun ini juga tidak menjamin dalam mengendalikan beban putaran dari motor listrik tersebut, namun setidaknya dapat membantu dalam soal tenaga putar, nah untuk dapat kita realisasikan dan listrik dapat dihasilkan dengan tenaga dia sendiri maka kita perlu membuat perubahan gaya dengan menggunakan sistem gear atau balting, fungsinya untuk mempermudah kinerja motor dan memberikan gaya dorong atau putar yang kuat ke generator

Apa itu Flywheel?

flywheel merupakan piringan yang karena beratnya dapat menahan perubahan kecepatan yang draktis sehingga gerak putar poros menjadi lebih halus .

flywheel memiliki kepadatan energi hingga ratusan kali lebih banyak dibandingkan dengan batray serta dapat melepaskan energi dengan lebih cepat. energi disimpan secara mekanik di flyweel dengan memutar porosnya.

Untuk Mendapatkan energi yang bermanfaat, poros flywheel harus diputar dengan cepat, maka energi yang tersimpan di roda flywheel akan digunakan oleh generator untuk merubah energi mekanik menjadi energi listrik. flywheel dapat menghasilkan energi karna momen Inersia.

Apa itu Momen Inersia?

Momen Inersia merupakan sifat yang dimiliki oleh sebuah benda untuk mempertahankan posisinya dari gerak dan ukuran resistansi/kelembapan sebuah benda terhadap perubahan dalam gerak rotasi, momen Inersia terhadap benda yang berbentuk cakram adalah sebagai berikut:

Dengan memanfaatkan momen tersebut kita dapat mengarahkan energi dari flywheel ke generator listrik.


Dengan memanfaatkan system ini memungkinkan untuk menjaga kecepatan dan moment putar yang dihasilkan oleh motor listrik . tinggal kita menyusun sistem pengkabelan yang sederhana seperti gambar dibawah ini:


Dari gambar diatas dapat memungkinkan motor dapat bekerja sendiri memalui listrik yang dihasilkan oleh generator

Cara ini telah banyak yang mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. bukan saja di luar negri, di indonesia pun telah banyak yang menggunakannya, namun keterbatasan expose dari media dan dukungan dari pemerintah, sistem ini tidak dapat direalisasikan, smoga saja dengan pemerintahan yang baru ini, dapat merealisasikan untuk menunjang produktifitas di desa-desa yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik, dan dapat mengapresiasi kita untuk lebih kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada tanpa harus bertergantungan terhadap bahan bakar fosil.
berikut contoh penerapan genset bertenaga fly well ini di manca negara;







 

Update:*

saya telah mencoba dengan dimano 1200 watt bekas genset bensin campur, dengan dinamo bekas kukuran kelapa yang gak tau berapa watt nya karna tulisannya sudah hilang. memakai OHM saklar untuk mengalihkan tegangan listrik PLN ke dinamo penggerak ke Generatornya, dan memakai Flywell bekas Domfeng diesel yang gak tau berapa PK nya yang saya dapat di toko besi tua.

Listrik nyala dengan stabil jika tidak dikasi beban, namun saat diberikan beban lama kelamaan putaran semakin lambat dan genset mati sendiri, sepertinya perlu perubahan kontruksi dan penambahan beban flywel agar putaran tetap stabil jika di beri beban. 

saya lagi mengkonsep untuk penambahan energi gerak flywell dengan metode magnet dan pegas. mudah2han bisa di aplikasikan dengan bahan dan dana terbatas. mohon dukungannya.. trims..

Masukan dari blogger:


Terimakasih kepada pembaca yang telah memberikan ide kreatifnya, dan saya apresiasi kepada pemberi ide, trimakasih kepada kang i_cal yang telah memberikan konstribusinya untuk menyempurnakan tulisan ini:
berikut kutipan dari ide tambahan dari kang ical :

Cara yang dijelaskan diatas dapat diaplikasikan walaupun daya keluaran yang dapat digunakan secara kontinyu belum begitu maksimal,

karena jika beban terus bertambah dengan pembebanan yang kontinyu (secara terus menerus) maka akan sampai pada titik keadaan generator terlalu berat untuk diputar oleh motor, sehingga rpm akan turun dan gaya pada flywell juga turun dan akhirnya berhenti.

Lakukan modifikasi pada generator untuk meningkatkan efesiensi pada generator dan mengurangi efek balik magnet pada generator saat di beri beban.

Meningkatkan efesiensi generator

Untuk meningkatkan efesiensi generator dapat dilakukan dengan cara mengganti kumparan dengan magnet permanent, anda dapat menggunakan magnet neodymium yang sekayang banyak dijual dipasatan.
cara menggantinya sebagai berikut:

  1. Gerinda permukaan angker(rotor) motor setebal magnet yang akan dipasang.
  2. Tempelkan magnet permanent dengan menggunakan lem poxy (atau bisa juga dicetak menggunakan resin) yang intinya magnet menempel di rotor dan tidak terlepas saat generator diputar.
  3. **jika kumparan rotor tidak dilepas, potong/putuskan kabel yang masuk ke rotor
Dengan cara ini, daya yang digunakan untuk magnet pada rotor menjadi 0(null), sehingga daya tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah daya keluaran generator

Mengurangi efek magnet pada stator(kumparan daya)


Cara berikut agak sedikit rumit, namun dapat mengurangi efek magnet pada kumparan daya rotor
  1. Lepas dudukan kumparan daya(stator) yang buatan pabrik (biasa terbuat dari besi)
  2. Ganti dudukan tersebut dengan bahan lain (bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet). anda dapat menggunakan resin yang disesuaikan dengan dudukan stator

Dengan mengganti inti besi kumparan daya(stator) dengan bahan lain yang tidak tertarik oleh magnet memiliki efek mengurangi daya keluaran listrik namun dapat menghilangkan daya magnet balik yang menahan putaran rotor, Sehingga generator menjadi lebih ringan walaupun diberi beban. Tentunya cara ini menguntungkan untuk penggunaan daya secara kontinyu.

Selanjutnya jika generator sudah dimodifikasi dan putaran generator sudah ringan, maka motor penggerak diganti dengan jenis motor kipas angin yang lebih tahan panas untuk penggunaan waktu lama.

Selagi masih didunia segalasesuatu perlu dicoba (hanya mati yang jangan dicoba), gagal itu biasa, orang-orang dengan desain-desain hebat yang sekarang ada, dulunya smua tidak lepas dari kegagalan, tetapi tidak berhenti mencoba dan mencoba lagi..

161 comments:

  1. terimakasih,saya juga pengin buat.tapi belum tahu perbandingan ukuran ukurannya.Jika bisa jelaskan untuk 2pk motor dan dinamonya ukuran berapa dan alat alat tambahan apa yang perlu dibeli....emailku dendy7885@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bisa digunakan untuk beban yang tetap gan, dan perbandingan ukuran puly bisa disesuaikan dengan beban dari generatornya

      Delete
    2. dicoba flywheel tidak berdiri sendiri sebagai flywheel tapi dibantu menggunakan elektromagnet (dalam bentuk trafo microwave (atau menggunakan kumparan dengan kabel enamel tembaga kecil) untuk mengurangi penggunaan arus tapi memperbesar tegangan) dengan mengatur sudut pengapian dan tegangan saya yakin agan bisa mendapatkan sistem yang lebih efisien coba google sistem pengapian elektromagnet newman motor oleh Joseph Newman.

      Delete
    3. Mas ,saya pynya dinamo generator 15.000 watt. Saya jual 5jt..juga beberapa dinamo most on for 1500 watt 4 Pcs Dan panel.berminat.?..email saya dodybs2012@gmail.com

      Delete
    4. Mas..tolong di email no.tlponnya ya..
      Saya mau belajar ke tempat mas..

      Delete
  2. apa tidak terjadi kosleting jika listrik dari genset masuk kembali ke motor krn motor masih disuplai PLN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk switcing antara motor generator dan PLN bisa dipakai ohm saklar gan, kemungkinan besar tidak akan terjadi konsleting

      Delete
    2. Pakai ohm saklar itu ada 3 posisi, I, 0 dan II. I masuk PLN, 0 bebas dan II masuk ke alternator.
      Jadi ga mungkin konslet karena secara phisik ga nyambung.

      Delete
    3. Boleh minta kontaknya kah,soalnya saya ada rencana yg agak besar dan panjang....
      Tlong kirim ke arasanggup16@gmail.com

      Delete
  3. Mohon infonya secara detail.bila saya akan membuat generator dg daya 5000w. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk daya 5000w, anda harus mamakai fly wel yang besar (diameter besar) atau anda bisa padukan dengan beberapa flywel kecil punya mesin domfeng dengan disambungkan melalui puly balting

      Delete
    2. siapa yang bilang konsep di atas bisa bekerja????

      Delete
    3. hanya orang orang yang berpikiran mencari yang gampang,,yang mengatakan bahwa konsep diatas bisa bekerja,,overunity belum working,,tapi PEREPTUAL MOTION sudah bekerja,,tapi belum menghasilkan listrik

      Delete
    4. We...Sukri,,,lu udah liat testimoni di video blommm??? dasar bloonn,,,!!!

      Delete
    5. Tau tuh Sukri. PERPETUAL MOTION itu hanya hoax karena melanggar hukum THERMODINAMIKA tentang konservasi energi. justru free gernerator ini dapat work karena energi kinetik disimpan dalam flywheel untuk menambah torsi.

      Delete
    6. Mas bro...kalo pake gearbox buat ganti posisi fkywheell gimana ? Kan bisa dapat putaran konstan dan speed rpm yang besar...gimana tuh?

      Delete
  4. Cara pasangnya gmana gan? Terus apa saja komponenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa melihat video diatas dengan meniru kontruksi pemasangan perangkat,

      Delete
    2. maaf, tolong detail alat2 nya,,
      mulai dari jenis,merk,kasasitas motor dan generatornya..
      spy mudh dlm logika dan pembuatan aplikasinya..
      dr yg sdh agan buat dan berfungsi aja,,,
      tlong email ke aary346@yahoo.com

      Delete
  5. Mohon infonya perbandingan pulley nya, saya mempunyai motor listrik 3/4 2850 RPM dan generator 5000watt. mohon di email ke juliagustono@yahoo.com dan kalau bisa gambar instalasinya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar instalasinya cukup mudah, di atas sudah sya sertakan instalasi pengkabelannya gan

      Delete
    2. maaf, tolong detail alat2 nya,,
      mulai dari jenis,merk,kasasitas motor dan generatornya..
      spy mudh dlm logika dan pembuatan aplikasinya..
      dr yg sdh agan buat dan berfungsi aja,,,
      tlong email ke aary346@yahoo.com

      Delete
    3. Assalamu'alaikum wr wb
      Sy pesan 5KW untuk sy pakai sendiri di Rumah, krn di kampung sy Arus PLN rendah bgt dan sering mati.

      Brp kira2 biayanya

      Thanks
      Wassalam....

      Delete
    4. Kloyg5000watt. Akubelibekas3jutaangan. Rrtlama

      Delete
  6. kuat berapa jam boss??apa gak panas ya dinamo penggeraknya...kalo di pake 24 jam??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sirkulasi udara mas, klo 24 jam gak masalah, asal beban tidak berlebihan

      Delete
    2. beban tidak boleh lebih kapasitas motor pengerak entar drop

      Delete
  7. kedua dinamo/motor td bisa memiliki kapasitas yang sama apa harus berbeda, dalam konsumsi daya dan menghasilkan daya... terinakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk motor penggerak usahakan memakai konsumsi daya yang minimum, dan untuk pembangkit/generator usahakan memakai daya yang sesuai dengan kebutuhan

      Delete
    2. klo motor pengerak pakai daya yg minimum bisa jadi ngak kuat untuk mutar generator dan flywhell....

      Delete
    3. Ygjelasdinàmopenggeraknya. Misalnyageneratornya3000watt. Dinamopenggeraknyayg500wattdanrpmnya1500.. 3000watt. Dipotong500watt. Tinggal2500watt. Teganganstabil hanya500watt. Karnatidakbisaklomelebihiseparobebanwattgeneratornya

      Delete
    4. Maaf daya daya baru coba jg alternator 3000 watt motor penggerak 370 watt gmn bisa gak

      Delete
  8. anda bisa buatkan pembangkit listrik tersebut buat saya...?
    berapa biyaya yang di butuhkan ...?
    speck
    listrik yg saya butuhkan 5000 w
    ini serius
    email saya adikarya120@gmail.com
    mohon info baliknya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dah buat untuk 1200 wat gam, klo untuk 5rb w saya blm pernah, coba anda upahkan ke orang kontruksi las untuk pembuatan ini, saya juga minta bantuan dari mereka

      Delete
    2. saya ingin tau detail 1200 watt yg sdh agan buat.dari generator,flywheel dan motor pengeraknya...

      Delete
    3. Cek email anda ps3ylod klo ga ada cek di spam

      Delete
    4. Cek email anda ps3ylod klo ga ada cek di spam

      Delete
    5. Gan sy mau beli hasil karya abang 1200w. Brp agan jual. Tolong infokan ke email : karaskaraskapalapapuyu@gmail.com

      Delete
  9. Saya sudah buat persis seperti yg agan rincikan.saya buat dengan dinamo generator 3000watt,motor pengerak 1HP dan flywheel 30Kg dan saklar switt untuk mengalihkan motor pengerak yg awalnya hidup dgn listrik PLN lalu saat putaran sdh stabil dan mendapatkan 240 volt lalu dgn cepat dialihkan ke listrik generator dgn bantuan ronda gendang tadi( mungkin 1 detik ngak ada) alhasil listrik droop...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah aki coba gan, jd nanti listrik yg dihasilkan dari generator sebagian ke travo diubah ke DC/ bisa menggunakan charger aki, setelah masuk aki dari aki masuk ke inverter untuk rubah DC ke AC yg nanti digunakan untuk motor penggeraknya..., jd listrik dari generator tidak langsung disuplai untuk menggerakan motor penggeraknya tp ngambil dari aki dan aki dicas oleh generator.. monggo dinalar...

      Delete
    2. Mbah Togel coba saat masih pakai PLN, diukur daya yang keluar dari alternator 3000W daya yang diperlukan motor penggerak .
      Kemudian pada saat switch keluar dari PLN di cek daya yang keluar dari alternator.
      Kalau drop terlalu cepat sehingga tidak cukup dipakai untuk motor penggerak ya pasti drop.]
      Ini berarti flywheel nya kurang berat.

      Delete
    3. sudah coba tambah kapasitor? jadi jeda switching (putus arus PLN sambung arus generator ke pengerak), harusnya motor penggerak bisa ambil arus sementara dari kapasitor.
      mas Iyes, apa reasearch terus dilanjutkan? fly wheel size berapa y tp ribeut jg dari size Fly wheel yg besar.
      2 yg jd problem saya. 1.kalau mekanik mati hidup, akan repot kita moving alat dr colokan genst rumah n bawa ke dalam (beraatt), 2. Beban tidak terpakai hilang kemana kalau daya yang dihasilkan Generator/alternator tidak semua terpakai (kapasitas 5kv tp terpakai 3kv.

      fyi, putaran pengerak dan putaran alternator perbandingan n perhitungannya harus pas agar tidak Drop, misal;genset normal saat idle bila ada beban tambahan jg drop mangkanya motor 2tak ada speed up /tambahan putaran RPM atau mati/guncang dl sie
      terlalu cepatpun pernah buat Genset Honda kap 6500W kantor saya terbakar dinamo alternatornya

      Delete
  10. Admin gmn mkn bisa bantu dgn problem saya.....apa ada tambahan2 lain biar saat perpindahan dr PLN ke generator ngak drop.perlu ngak ada tambahan capasitor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake timer lm 555 dan relay

      Delete
    2. Boleh dicoba memutar roda gendeng/fly wheel memakai bor listrik besar sehingga tidak ada delay sedetikpun saat memindahkan ohm saklar.Set ohm saklar nyambung ke alternator bukan ke PLN.Dan jangan memasukkan daya PLN ke dinamo penggerak karena listrik akan tabrakan PLN dengan dinamo.

      Delete
  11. Coba tambah saklar otomatis/timer(saya lupa namanya)di setting timenya berapa detik(ini perlu uji coba bila tengganganya sudah 240v)saklar otomatisnya bisa pindah sendiri

    ReplyDelete
  12. apa bedanya switt manual dgn yg otomatis(TDR klo ngak salah namanya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motoran sudah pakai kapasitor, coba pakai gearbor rasio 1:8

      Delete
    2. Motoran sudah pakai kapasitor, coba pakai gearbor rasio 1:8

      Delete
    3. maaf baru sempat balas, bisa digunakan pake gearbx rasio agar putaran beban tidak terlalu bertumpu pada flywell, agan bisa mencntoh kontruksi pada vodeo diatas, sebagai konsep casis dan perbandingan rasio gearnya,

      Delete
  13. gan, kenapa videonya tdk bs diputar / diunduh ?

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya sistem kerjanya cukup sederhana bahkan terbilang simple.
    Tap masalahnya generator bisa menciptakan aliran listrik pada putaran tertentu supaya bisa menggerakkan motor disitu terjadi masalah dimana ketika arus dari pln dimatikan, ada alat tambahan supaya aliran daya ke motor pada saat aliran listrik dimatikan generator drop makanya rpm turun drastis alhasil motoran pun gak hidup.

    ReplyDelete
  15. Sebenarnya sistem kerjanya cukup sederhana bahkan terbilang simple.
    Tap masalahnya generator bisa menciptakan aliran listrik pada putaran tertentu supaya bisa menggerakkan motor disitu terjadi masalah dimana ketika arus dari pln dimatikan, ada alat tambahan supaya aliran daya ke motor pada saat aliran listrik dimatikan generator drop makanya rpm turun drastis alhasil motoran pun gak hidup.

    ReplyDelete
  16. Hanya Orang Asia terutama orang Indonesia yang tidàk wellcome terhadap penemuan apapun, tidak berani memberikan PENGAKUAN, bisanya mencela, juga yg merasa meneruskan penemuan tidak mau memberikan INFORMASi secara terang/jelas !!. Takut ditiru padahal ilmunya juga CoPas!!

    ReplyDelete
  17. Jika RPM motor listrik bisa naik melebihi spec dr pabrik Rumus
    T=9.554P/RPM
    Dan T dijaga konstan misal dg capasitor dicharge pd teganagn yh lb tinggi dg daya total yg sam perdetiknya
    Jk hal ttsb bisa terjadi sesuai
    Rumus Vt=V0+Ft/m
    Dmn Vt akan terus bertambah asal impuls xdetik dibagi masa dijaga konstan thd rodagila
    Shg dg bertamabahnya Vt mk RPm akan naik
    Selanjutnya free energy P akan melebihi P INPUT BILA MEMANG HAL TSB BISA.......
    MOHON TEMAN TEMAN KOREKSI URAIAN SAYA

    ReplyDelete
  18. solidarity mesin solidarity forever 2pk 1400rpm , flywhell 100kg diameter lebar lebih bagus , altenator 5000watt 1500rpm

    by titikputar@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalamualaikum...salam kenal pri.sy punya barang2 diatas yg saya mau taanyakan tuk flywhele dgn berat 100kg diameternya berapa sy akan coba buat dgn beton sebab kmarrn sy pake flywhele dg berat 53kg motornya drop dan dan lambat laun berhenti mohon prncerahanya ya om..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  19. Dengan hormat, kepada semua rekan rekan yg telah berhasil dengan baik untuk membuat alat ini, saya berniat membuat juga alat ini, untuk saya pakai sendiri dan kalau berhasil dengan baik akan saya buatkan untuk panti asuhan dan masjid sebagai amal ibadah saya.
    Untuk itu bagi yang telah berhasil mohon kiranya di infokan dengan detal kepada saya untuk kapasitas 2000 watt.
    Semoga kebaikan dan amal ibadah rekan2 semua dapat memperoleh pahala dan ganjaran baik dari Allah swt. Amien

    Email saya : Syaifullahdev@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Jujur saya punya ide ini sejak saya sekolah dasar, benar saya tidak berbohong karena saya sangat tertarik dengan listrik.
    Kalau menurut teori saya motor listrik digerakan dulu denhan power supplay itu yg seperti punya komputer ketika listrik didapat dari generator energynya langsung saja dimasukan ke dalam power supplay jadi sistemnya otomatis tanpa perlu Butuh energy dari pln

    ReplyDelete
  21. Gan mau nanya bisa gak dengan menggunakan motor 1500 rpm bisa memutar generator 3000 rpm? Klo bisa tolong kasih alat nya yg detail ya gan. Klo tidak bisa, berarti kita harus menggunakan daya motor yg lebih besar agar generator dapat berputar, lalu pertanyaan saya apakah arus keluaran generator tersebut bisa memutar motot tsbt, klo saja bisa berarti bertentangan degan hukum kekekalan energi, Tolong di respon ya gan. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor 1500 RPM memutar alternator 3000 rpm harus dengan perantaraan pulley diamater 2A di pemutar dan pulley diamater A di alternator.
      SEbaiknya alternator RPM nya lebih kecil, jadi harus sebaliknya supaya motor pemutar lebih ringan kerjanya.
      Kalau motor penggerak lebih gede atau sama HP nya ya waktu pindah listrik dari PLN pasti drop karena tekor.

      Delete
  22. saya ingin membuat genset fly wheel ukuran 5000 s/d 10000 watt, berapa beratnya roda gila yang diperlukan ? mohon infonya. terima kasih.

    ReplyDelete
  23. hy gan klw membuat tegangan 7000w..kita membutuhkan dinamo penggerakx berapa pk!!bisa ngk dinamo mesin parut kelapa

    ReplyDelete
  24. Menurut saya Apa yang sudah di Uraikan oleh Admin di atas di tambah dengan Video hasil karya nya sangat meng insfirasi,kalaupun ada kekurangan itu lah yang akan menjadi tantangan nya.Lama-lama juga akan mendekati Hasil Yang di inginkan walaupun tidak sempurna.

    saya setuju jika ada yang mengatakan Perlu di Tambahkan ACCU dan Inverter Sebagai Alternative Cadangan Energy dan mengurangi Beban generator,Hasil generator di lasukan ke TRAFO(INPUT 220V) dan OUTPUT 12 VOLT di searahkan dengan Dioda Bridge,Kemudian di pakai Untuk Charge ACCU,dari ACCU di masukan Ke INVERTER,Mungkin bisa menghasilkan tegangan 220V dengan kekuatan tergantung dari POWER INVERTER dan bukan dari GENERATOR nya. Maju Terus ADMIN dan lanjutkan EKSPERIMEN nya,Bagikan Ilmu nya semoga menjadi Manfat yang besar untuk Khalayak banyak,Amiiinnn....Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya tambahkan kapasitor untuk menyimpan arus.

      Delete
  25. Menguntungkan maju terus admin. Mudah di pahami saya coba hasilnya maksimal untuk 2000w

    ReplyDelete
  26. Menguntungkan maju terus admin. Mudah di pahami saya coba hasilnya maksimal untuk 2000w

    ReplyDelete
  27. Salam poniang dari prkanbaru
    Saya sudah membeli dinamo generator bekas genset dengan kapasitas 3kw r1500 pm 1phase 50 hz. 220v Roda angin (roda gila) diameter 44 cm bekas genset yg 5kw (berharap lebih dapat menstabilkan putaran).
    Dinamo penggerak kebetulan ada bekas mesin potong batu 1phase 1/2hp rpm 2800 50hz.
    Yg jadi pertanyaan. Apakah arah putaran dinamo penggerak ke kiri (dari belakang bodi) dapat digunakan untuk menggerakan dinamo generator yg setahu saya berputar kekanan(dari belakang bodi).
    Apakah dinamo generator tidak bermasalah jika putarannya terbalik.
    Apakah hal ini hanya akan menyebabkan perpindahan kutub +/- pada outputnya.
    Mohon penjelasan nya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putaran arah dynamo penggerak bs dirubah, coba tanyakan pd tukang dynamo setempat.
      Saya sdh berhasil bikin generator 20 kw dg penggerak dynamo 3 pk. Hasilnya stabil 24 jam.

      Delete
    2. Mas minta gambar dan skemanya
      ke alamat email suripbekenyee@gmail.com

      Delete
    3. arah putaran dapat di ubah dengan cara membalikkan fasa atau dengan metode balting, smoga projeknya berhasil bos

      Delete
    4. Mengapa harus putaran motor yg diubah? Belt nya saja di silangkan...nanti putarannya akan berubah...jika tdk disilangkan putaran akan sama dengan putaran motor pemutar...jika ingin membaliknya maka silangkan beltnya...memang belt yg digunakan belt plastik yg bulat...bukan belt yg spt ban itu...barangkali bermanfaat..salam menggali dan menggali sampai dapat

      Delete
    5. Sy sudh beli dinmo 1hp 1450rpm, generator 3kw 1500rpm, roda gila 30kg.. Saklar ohm, ketika putaran sudah stabil dan tegangn 230v, kemudian sya ubah ke Generator, dinamo langsung down.. Mohon yg bisa membantu, email kan ke saya : myiszy86@gmail.com

      Delete
    6. Dinamo nya kurang berat mas..

      Delete
    7. Berapa besar Jari jari fly wellnya Mas?

      Delete
  28. mas diding,,,saya sdh buat dgn spec yg mas sebutkan namun klihatannya setelah mencapai output 230v paling lama 5 menit outputnya drop sampai di 80v ,kl saya liat rpm turun ,,,ada yg bisa bantu kira kira apa lg ya.....,motor penggerak panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. putaran gear belum sempurna, atau tambahin flywel nya agar putaran beban dapat dibantu dengan flywel

      Delete
    2. GENSET TYPE : KGE 7000 E
      MAX POWER (W) : 5500 W
      RATE POWER (W) : 5000 W
      OUTPUT VAC/HZ : 220VAC/50HZ/60HZ
      ENGINE TYPE : KG-390E
      ENGINE POWER : 13HP

      Delete
  29. yag utama sbenarnyaa adalah perbandingan daya generator dengan tenaga motor penggerak .. puley hanya membantu menstabilkan putaran motor penggerak tetapi tidak bisa membantu menambah putaran motor penggerak saat generator terbebani oleh beban lain ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambologo;Untuk mengerakan dynamo listrik 5000 watt rpm 300 ,berapa kekuatan rpm motor dc penggeraknya, saya pakai menngunakan penggerak dc agar bisa pakai aki setelah menghasilkan listik baru baterai di pararel dengan Power supply sesuai dengan input motor dc kemudian aki dilepas dan dicharger kembali lewat output AC tentunya pakai charger aki, mohon bantuannya ke email hikmails316@gmail.com

      Delete
  30. coba kirim email ke saya , akan saya jelaskan lebih lanjut ..



    salam .. Whimpy

    ReplyDelete
  31. Pak thx kreasinya, sy minat bikin. Boleh dikirim detail kontruksinya pak, ke mastocajon@gmail.com. trimakasih banyak

    ReplyDelete
  32. Pak thx kreasinya, sy minat bikin. Boleh dikirim detail kontruksinya pak, ke mastocajon@gmail.com. trimakasih banyak

    ReplyDelete
  33. Assalam....
    Pak Mohon gambar konstruksi serta bahan bahan yang diperlukan ke alamat emailsaya di suripbekenyee@gmail.com
    saya ingin membuatnya karena listrik pln selalu pemadaman
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  34. Saya sudah mencoba dan hasil dari 3 kali uji coba
    1.mengunakan sistem kopling tanpa fenbell,tanpa aki.motor 1 hp 1phase 1450 rpm,berat flywheel 20kg, generator 3500watt 1 phase 1450 rpm,hasil listrik yang dipakai 1000watt,selang berapa 4 jam dinamo panas,dan jika dikasih beban kejut seperti beban dinamo,pompa,putaran bisa berhenti,analisa saya dikarenakan tidak ada penstabil tegangan.

    2.Tetap pada rangkaian diatas dan saya coba pakai aki dan saya pasang inventer travo,setelah saya uji tegangan yang terbuang inventer travo sekitar 1.2 amper keadaan tidak ada beban

    3.uji coba terakhir dengan rangkaian diatas ,tp dengan saya convert motor penggerak ke generator.hasil yang dicapai lebih efisien dan saat ada tegangan kejut tidak terlalu signifikan.

    Yang mau share2 masalh free energi bisa email gn,balicenterpump08@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan Balicenter pump, saya berminat untuk membeli rancangan anda, apakah ada no hp/WA yang bisa dihubungi

      Delete
    2. maju terus pak, smoga berhasil

      Delete
    3. Nomot 3 maksudnya gimana gan?

      Delete
    4. assalamulaikum...slam kenal buat semua ...gan tolong dujelaskan untuk putaran dinamo penggerak berapa RPM gan...
      bisa tamplkan gambar aatu mungkin lebih spesifik dengan merk dinamo penggerak yg digunakan...pendapat saya untuk konsep diatas baik dengan flywheel ataupun kopel langsung adalah memanfaatkan jeda waktu sepersekian detik saat sumber listrik didinamo penggerak dimatikan dengan system mekanis langseng putaran yg masih tersisa putaran ini harus mampu menghasilkan tegangan yg selanjutnya dihub ke dinamo penggerak dengan system saklar tukar....

      Delete
  35. kl mau ikut nyumbang pemikiran...

    cara yg dijelaskan di atas itu dapat di aplikasikan walaupun daya keluaran yang dapat digunakan secara kontinyu belum begitu maksimal, karena jika beban terus ditambah dengan pembebanan yang kontinyu maka akan sampai pada titik keadaan generator terlalu berat unutuk diputar oleh motor sehingga rpm akan turun dan gaya pada flywell juga turun dan akhirnya berhenti...

    Lakukan modifikasi pada generator untuk meningkatkan efisiensi generator dan megurangi efek balik magnet pada generator saat ada beban...
    caranya :
    1. Meningkatkan efisiensi generator : ganti kumparan magnet rotor dengan magnet permanen ( magnet neodymium skr sdh bnyak dijual dipasaran )
    cara gantinya cukup mudah, grinda untuk menipiskan permukaan angker rotor/angker magnet yang menghadap ke stator setebal magnet yang akan kita pasang, kemudian tempel magnet permanen, bisa dengan lem poxy atau dicetak pakai resin, atau apa saja intinya magnet nempel dirotor dan tidak terlepas saat generator diputar...( jangan lupa kl kumparan rotor tidak dilepas, maka potong/putuskan kabel listrik yang masuk rotor)
    logikanya, daya yang digunakan untuk membuat magnet pada rotor jadi = 0, maka daya tersebut dapat digunakan atau menambah daya ke luaran generator...
    2. mengurangi efek magnet pada stator/kumparan daya.
    caranya : mungkin agak sedikit rumit.. ganti atau lepas angker /dudukan kumparan stator yang asli dari pabriknya dari bahan besi atau sejenisnya dengan bahan lain yang tidak tertarik oleh magnet, misalnya saya lihat di beberapa video generator untuk kincir angin dibuat dengan resin, juga ada yang hanya diikat dengan tali ke body generator ( walupun keliatannya agak perlu ke telitian) intinya mengamankan kabel stator agar tidak bersinggungan dengan magnet rotor...
    mengganti inti besi kumparan stator dengan bahan lain yang tidak tertarik oleh magnet menurut saya efeknya akan mengurangi daya keluaran listrik tapi kelebihannya dapat menghilangkan/mengurangi daya magnet balik yang menahan putaran rotor sehingga generator jadi lebih ringan walaupun diberi beban...tentu ini lebih menguntungkan untuk penggunaan dengan daya yang kontinyu,

    selanjutnya jika generator sudah dimodifikasi dan beban putaran generator sudah ringan maka motor penggerak diganti dengan jenis motor kipas angin yang lebih tahan panas untuk penggunaan waktu lama...

    selagi masih didunia segala sesuatu perlu di coba ( hanya mati yg jangan dicoba )...
    gagal itu biasa, orang2 dgn desain2 hebat yg sekarang ada dulunya semua tak lepas dari kegagalan, tapi tidak berhenti mencoba lagi dan lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak ican....bisa minta nomer wa nya dag...krn banyak yg ingin saya tanyakan...mana saya bener2 buta akan masalah listrik.
      Nomer bapak Boleh kirim ke email saya : eldrowin@gmail.com

      Delete
  36. Pak, kalo kita aplikasikan bekas genset 1500(mini genset yg di jual pasaran) kira kira rangkaian preewel ya pake yg brapa kg?? Tolong info dan bahan yg digunakan ke Tha_apri@yahoo.com

    ReplyDelete
  37. Pak, kalo kita aplikasikan bekas genset 1500(mini genset yg di jual pasaran) kira kira rangkaian preewel ya pake yg brapa kg?? Tolong info dan bahan yg digunakan ke Tha_apri@yahoo.com

    ReplyDelete
  38. sedikit tambahan coba mesinnya di double mksdnya rangkaian yg pertama motor 450w generator 1000w. output nya masuk ke trafo 4 ampere lalu ke inverter900_w output untuk rangkaian ke dua. motor 600w generator 3000w tetap pakai flywell gearbox saya menggunakan rasii 1:5 output balik ke rangkaian satu bisa dengan timer ato manual. beban puncak tidak lebih dari 1500w lebih dari itu bisa drop.. lumayan bisa bertahan 6 hari tanpa suply pemancing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sblmnya mohon maaf
      Bisa d kirimkan skemanya untuk membantu masyarakat d desa untuk menghidupkan pompa air listrik. Selama ini saya menggunakan pompa air hidram yang menggunakan biaya saya sendiri, namun debit airnya kurang maksimal.
      Karena sumber mata air jauh dari jaringan listrik.
      Email saya :
      hariadi8678@gmail.com
      Terima kasih

      Delete
    2. mohon maaf sebelum nya kang boleh minta skema perancangan nya?
      saya untuk memenuhi TA kang mohon bantuan nya kang
      email saya
      reza.alim96@gmail.com

      Delete
  39. bagaimana kalau kita menggunakan inverter untuk merubah aki 12v menjadi listrik 220v kemudian dari inverter masuk adaptor untuk ngisi aki begitu seterusnya apa munkin listrik tanpa bbm bisa di realisasikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak mungkin bisa boz..terjadi cost.. jujur saya heran apa benar pembahasan di forum ini terbukti kebenarannya

      Delete
    2. logis jg, ada risk salah satu jebol ya gpp jg namanya nyoba, toch lebih tidak bahaya dibanding arus AC

      Delete
  40. Trim's Bos , bermanfaat sekali.doakan saya sempat membuatnya

    ReplyDelete
  41. Terimakasih informasinya pak admin dan rekan2 lainnya.
    Mau coba pakai generator sma motor mini dulu buat percobaan, semoga berhasil,amiin...

    ReplyDelete
  42. Terimakasih informasinya pak admin dan rekan2 lainnya.
    Mau coba pakai generator sma motor mini dulu buat percobaan, semoga berhasil,amiin...

    ReplyDelete
  43. Setelah generator berputar dengan roda gila
    Apakah generator mampu kontinyu 24 jam nonstop

    ReplyDelete
  44. Mungkin jika mengurangi gesekan udara dengan cara menempatkan motor dan alternator serta flywheel nya dalam sebuah wadah yang hampa udara bisa membuat putaran ketiganya lebih stabil. Akan tetapi masalahnya bagaimana menghilangkan panas dari motor yang berada didalam wadah hampa udara itu.

    ReplyDelete
  45. trima kasih informasinya,saya sungguh tertarik untuk merakitnya.selama ini saya mencoba kurang maksimal. tolong kirim rakaian ke hendik.setiawan89@gmail.com.
    klo rangkaian ini berhasil mau disumbangkan kedaerah pedesaan tempat saya yang tidak ada listrik. sekali lagi trimakasih banyak.

    ReplyDelete
  46. Konsep di atas sudah bagus.. Sedikit saran dr sy,kita perlu tambahan alat agar konaep di atas mkin sempurna.yaitu kita jgn mengambil beban keseluruhan dari generator langsung untuk menyalakan alat2 kelistrikan rumah tangga. Melaikan dgn penambahan powersuplay/adaptor 12v 5-10A dn inverter in12v DC" out 220v ac (bisa 100w-5000w).dimana aliran listrik dr generator hanya untuk powersuplay/adaptor dgn output 12v 5-10A.dan arus dr powersuplay td kita gunakan untuk arus input inverter,dan dgn bgtu beban generator akan sedikit dan setabil dan menghasilkan output yg besar, dan konsep ini 100% work. Kendala pada konsep ini adalah pada harga inverter yg mahal untuk 500watt kisaran 400-600rb. Dan untuk yg. 5000watt sekitar 7-10jt an,(smkin bsar watt pd inverter semakin bagus) dn sangat di sarankan untuk menggunakn inverter di atas 1000watt, krena dy dr inverter td bisa kita gunakan untuk memutar motor penggerak fly well)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat vidionya diki zaenal arifin, DC to AC,

      https://youtu.be/lIuE3zHNVeI
      https://youtu.be/EQ2j2vXiNAg

      gud luck

      Delete
  47. Misi dong agan2 yg pinter,bantuin saya bikin listrik dikampung saya yg tidak ada pln dong,bahan apa aja yg harus saya beli untuk membuat listtik 1000 watt,pakai generator apa,dan dinamo penggerak apa yg cocok untuk listrik 1000 watt...trima kasih banget klo agan2 ada yg mau bantu.

    ReplyDelete
  48. Ambologo;Untuk mengerakan dynamo listrik 5000 watt rpm 300 ,berapa kekuatan rpm motor dc penggeraknya, saya menngunakan penggerak dc agar bisa pakai aki setelah menghasilkan listik baru baterai di pararel dengan Power supply sesuai dengan input motor dc kemudian aki dilepas dan dicharger kembali lewat output AC tentunya pakai charger aki, mohon bantuannya ke email himails316@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari yg 300 jg kang, hehe make sense jg pakai pengerak DC+pengisian accu

      Delete
    2. masalahnya torsi pengerak dengan beban alternator 300rpm yg berat jg harus sampai 300rpm maksudnya

      Delete
  49. ralat email seharusnya hikmails316@gmail.com

    ReplyDelete
  50. Intinya putaran (rpm) flywheel harus lebih tinggi dari pada putaran (rpm) generator, dan untuk menjaga putaran motor stabil dpt digunakan stavol dgn servo controller.

    ReplyDelete
  51. Sangat masuk di akal, saya tahun 2000 silam pernah melakukan riset ini,cuman masih belum berhasil, mungkin karna perbandingan pully yg tdk sesuai, setelah saya membaca dan melihat video diatas, saya semakin yakin klo energi listrik tanpa batas tsb bs realisasikan. Sekedar ide, alangkah baiknya seandainya alat tsb dibuat rangkap dua dan dikasih timer,shgg alat tsb bekerja bergantian dengan timer yg telah diatur terlebih dl. Misal per 6 jam, setelah mesin pertama mati, digantikan oleh mesin kedua, dan begitu seterusnya... Saya ucapkan selamat unt yang punya lapak... Salam kenal , smoga smakin sukses...

    ReplyDelete
  52. Ijin nimbrung gan,saya tertarik dengan adanya listrik free energi ini,saat ini saya sudah mengumpulkan bahan percobaan yaitu alternator AC 3 phasa 13 kw,fly wheel sekitar 40 kg motor induksi 3 phasa 2,2kw 3 hp rpm 1400.dalam pengaplikasian nya saya berpendapat bahwa putaran rpm fly wheel harus kontan dan lebih cepat dari motor penggerak,tujuannya biar didapat momentum yang setabil untuk memutar alternator.yg saya bingung saat ini adalah perbandingan puley yg harus di aplikasikan.mohon pencerahannya terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari yg RPM pengeraknya sama saja kang, poly 1;1. or join kopel. kasih kapasitor buat delayednya besaran sesuaikan dengan kebutuhan pengerak

      Delete
  53. Mohon batuanx untuk kirim skema gambar nya ke amrullahfatahillah44@gmail.com
    Trima kasih sblomnya moga di balas dg amal yg berlimpah amin

    ReplyDelete
  54. Mohon batuanx untuk kirim skema gambar nya ke amrullahfatahillah44@gmail.com
    Trima kasih sblomnya moga di balas dg amal yg berlimpah amin

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Halo Saudara setanah Air..Saya leo dari Medan..

    Ingin Bertanya dan jika berkenaan mohon di jawab ya..

    Sedikit cerita: Awal ketika saya tertarik dengan Generator ini dikarenakan hilangnya subsidi listrik pemerintah, biaya bengkak hampir sejuta per bulan..

    Penggunaan Listrik Rumah : Kulkas, Setrika, AC (Pendingin), Mesin Cuci, Mesin pompa Air, TV 2 biji(1 led, 1 tabung), lampu ruangan led,kipas sirkulasi, serta chargeran hp lainnya..

    kalau di hitung hitung: ada kisaran 3000-4000 Watt jika di hidupkan secara bersama.

    Sempat pusing 7 keliling, karena mau ganti peralatan elektronik yang memakan Watt tinggi, namun jika di preteli 1 per 1 mungkin memang solusi, akan tetapi saya juga harus mengocek uang buat beli sebagai gantinya.. Lantas dari pada pusing mengakali hal ini, saya lebih ingin mengakali listrik, atau buat listrik sendiri, yakni Listrik dari generator seperti yang di jelasin di forum ini, dan informasi lainnya yang saya dapat di Youtube (masih banyak yang bilang hoax), sebagian saya percaya juga.. hal ini dikarenakan saya buta dalam masalah listrik.

    Disamping itu, saya juga mendapat informasi mengenai Magnet Generator, yang katanya Low RPM, tapi High KW..

    Contoh dari youtube:

    Katanya ini Genator wind power & hydro power., MUngkin saja bisa di konversikan ke FLYWHELL karena kw nya gede, lagian RPM nya cukup rendah

    70rpm/2kw (https://www.youtube.com/watch?v=edU2x7llCpE)
    300rpm/10kw https://www.youtube.com/watch?v=Agkr53VJnvg

    Jangan sampai tertipu ya guys, karena yang beginian banyak yang tipu tipu, mohon suhu suhu yang berilmu bisa seksama mengecek videonya..

    bisa di percaya mungkin saja teknologi baru mereka, oleh karena itu Low RPM, High KW.

    contoh dari website resmi penjualan ALIEXPRESS milik tiongkok :

    10KW 200RPM 380VAC low rpm horizontal wind & hydro alternator/ permanent magnet water power dynamotor hydro turbine

    Ini contoh link barang:

    https://www.aliexpress.com/item/High-quality-10kw-200rpm-low-rpm-horizontal-wind-turbine-generator-permanent-magnet-ac-generator-PMG/32611119671.html?spm=2114.10010108.1000023.12.444751062YLlwM



    Dapatkah kita gunakan Flywhell untuk generator wind turbine ini??

    dari logika saya adalah, RPM Low, Watt gede.. ya dari sisi lain tidak berisik dan bisa tahan lama..






    ReplyDelete
    Replies
    1. what, 250kg mo lu pindah2???? fyi, ini dinamo arus DC

      1kv=1jt y y y

      Delete
  57. Jadi pengen buat.
    Mohon kepada yg sudah berhasil, tolong kirimin denah dan komponen lengkapnya ke email dirman894@gmail.com

    Semoga kebaikan teman teman terhitung Ibadah

    ReplyDelete
  58. Jangan terjebak pada hukum energi gays, bahwa energi itu tidak dapat di ciptakan dan dimusnahkan.Energi itu ada karena ada gaya(penggerak),semakin besar gaya maka semakin besar pula energi yg dihasilkan.Dan yg paling penting tidak patah semangat.

    ReplyDelete
  59. Boleh minta kontaknya gk
    saya perlu bantuan
    ada tugas yang berkaitan dengan generator

    ReplyDelete
  60. Saya tertarik dengan energi listrik yg inovatif dan saya ingin praktekkan...bisa dapat info system yg untuk 25 kva....bisa skemanya di kirim ke email saya pm.tamengkel@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besaran output sesuai alternator tanya yg jual 25kva berapa input speed RPMnya, minta yg 1 pase saja. sesuaikan RPM dinamo penggeraknya, kalu speed sudah sama bisa pakai kopel atau direct/single puly.

      siapkan ;
      kabel Arus AC paralel ke (poin1)Saklar/RELAY/Switcher lainnya ke stop kontak minim 3 output, kasih lampu indikator listrik ON

      systemnya simple;
      1. sumber listrik awal (accu 12v+inverter output 220v) atau PLN sebagai input
      2. mesin pengerak (...RPM) - poley - Alternator 25kva..RPM)
      - saat strom masuk dan pengerak berputar 'idle',
      3. pindahkan sumber Listrik (poin 1)

      Selamat mencoba
      pikirkan juga resiko2 ya.. lihat di post saya 6 maret 2018

      rivay.varadero@gmail.com

      Delete
  61. Selamat sore kang,

    ini overtunity Arus AC berbeda dengan kang Diki Arus DC

    jeda perpindahan Arus PLN ( bila starter tanpa Baterai n inverter

    dari pada menggunakan Flywheel yang berat juga besar, masukan saya;
    1. gunakan Relay juga kapasitor, agar waktu switching tidak mematikan putaran penggerak.
    2. RPM penggerak dihitung maksimum RPM alternator, untuk penurunan daya alternator nanti mungkin bisa ditambah potensio/adjuster Speed RPM penggerak bila daya alternator tidak maksimum pemakaiannya.
    sample; generator normal mesin 2stroke ada gas pengatur RPM mesin gerak, tapi ini pernah buat generator saya jebol alternatornya (mungkin terlalu tinggi RPM)

    terus terang saya baru mau coba karena terinspirasi kang Diki, tp kok mahal di inverternya, lihat yg lain kl pakai aurs AC mungkin lebih efisien tapi sepertinya tidak juga krn alternator yg tidak murah 1k=1jt hehe.
    ya FIXED cost +- samalah.. teteup saya bikin nanti

    yg menjadi ganjalan dengan tantangan berat juga Ruang;
    1. Panas yang dihasilkan baik pengerak ataupun alternator dengan apa, atau apa bisa dimanfaatkan lagi 'buat masak hehe'. pakai kipas berapa besar, pakai Radiator ga mungkin kecil. intinya manfaatin pengerak cabang puly ke pendingin bisa saja
    2. Perpindahan alat dari tempat penyimpanan ke tempat pemakaian.
    fyi, Berat Alternator jg pengerak plus konstruksi 10kv=20kg++
    3. ketahanan mesin bila pemakaian 12jam/24jam/nonstop
    4. alat ukur, panas, arus voltage
    5. Keamanan; digenerator standart ada output DC baik untuk pengisian Accu atau penggunaan lainnya, juga motor starter. ini sangat diperlukan bila Aurus PLN sudah keburu mati. cut off pengisian Accu jg harus ada,
    nah cut off alat kita ini minim cutoff, misal terjadi RISK dinamo terbakar, konsleting, overlap RPM, dan lainnya. indikator2 jg alarm perlu jg.

    sementara itu dlu kang
    Rivay 6 maret 2018

    ReplyDelete
  62. mas, boleh di kasi detailnya ga, bahan2 (beserta ukuran /merk) apa saja yg diperlukan untuk membuat genset self running ini...
    trus skema nya... listirk di tempat saya susah.. pakai genset, ndk kuat beli minyak nya.. hehe...
    kirim ke email saya ya mas, no wa juga, biar fast respon.. myiszy86@gmail.com
    terima kasih banyak saya ucapkan sebelumnya ,,, :-)

    ReplyDelete
  63. Bisa minta detail nama barang bos...
    Kebetulan di tempat saya listrik sering padam .gunakan genset bensin. Banyak pengeluaran... I2 pun kadang cuman sampai jam 23.
    Klu bisa Kirim di email: yansalurapa@gmail.com
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  64. boleh d tingkatkn/kmbangkan lgi in...

    ReplyDelete
  65. Salam kenal sy mas pri mau ikut nimbrung soal free energy generator barangkali temen2 bisa bantu nih..sy punya motor 1phase1hp (1430rpm)dan 2hp1phase(2800rpm) generator AC 5kva kl mau bikin free energy pake flywhele,pulley2 yg diameter n beratnya berapa ya dan tolong minta gambar skhema email saya priyantoaudio69@gmail.com terimakasih tuk semuanya

    ReplyDelete
  66. Halo semua pi to kbate ne freefenegi iki?
    Aku lglberjuang ni...bingung cari motor opo seng cocok nggo generatoR HONDAH 1500w
    MohonMbantuan ne yoyo...

    ReplyDelete
  67. Selamat pagi mas admin...
    Untuk generator ex genset 2tak, kira kira butuh motor penggerak yang ukuran berapa..?
    Terus buat flywheel nya yang ukuran berapa idealnya..?
    Saya ucapkan terima kasih yang sudi membantu saya, silahkan inbox ke WA
    085269465021.

    ReplyDelete
  68. Kami lg bikin percobaan jg.. pake penggerak AC 2PK 2800RPM.. generator 5KW..tp kami blm berhasil...

    Silahkan klo Ada masukan dan ide... Monggo share aja no WhatsApp di sini.. Nanti akan kami balas.


    Terima kasih

    ReplyDelete
  69. Msh ngumpulin data dulu,klo SDH lengkap ok baru praktek

    ReplyDelete
  70. 👏👏👏 💪👍 Slmt berjuang

    ReplyDelete
  71. Gimana klo dc motor jadi penggerak generator.terus generator sambung pake inverter..terus inverter sambung lg ke dc motor...apa bisa gan...gk bahaya kah

    ReplyDelete
  72. Saya sedang buat percobaan free energy flywheel dmn alternator 3kw, motor 370 watt dan flywheel beratnya 21kg direct shaft tanpa pulley. Yg jadi pertanyaan saya, kok baru di start dr arus pln berdaya 1300 watt. beberapa detik malah breaker dari pln yg jatuh. Tolong agan penjelasan nya

    ReplyDelete
  73. Beban awal motor terlalu berat,sebelum mencapai putaran rpm yg sesungguhnya.berbeda dengan menggunakan puley kita bisa mengatur beban motor penggerak menjadi lebih ringan.

    ReplyDelete
  74. mohon ijin para suhu...
    mhon bantuannya rencana sy mau bikin tesis utk penelitian free energi untuk mnggerakan sitem pendingin (refrigrasi) mnggunakan coolbox.
    utk mbantu para nelayan yg hasil tangkapanya selalu busuk.
    mungkin bs bantu sy.
    mhon ijin sy perlu seorg tutor
    tlg knfir cp ya para rekan semuanya yg dpt membantu sy email sy mulatumpu_kkp@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  75. Fly Well merupakan salah satu media untuk penyimpan Energy (Tenaga). Sama halnya dengan battery Accu

    Momen Inersia yang di hasilkan : ��=1/2(��.��^2)
    Dimana :
    I = Momen Inersia (Kg .��^2)
    m = massa /berat Fly well (kg)
    r = jari jari fly well (meter)

    Rumus ��=1/2(��.��^2)
    Jika Fly well di putar dengan Motor listrik dengan kecepatan 2200 rpm motor listrik 1 Hp

    Kecepatan sudut flywheel :
    Diketahui :
    Rpm = Kecepatan rotasi penggerak awal
    π = 22/7 atau 3,14
    60 = Waktu ( s )
    Ditanya :
    ῳ = rad /s
    Jawab :
    1 . Rpm = 1 . 2 . π / 60
    = 2200 . 2 . 22/7 : 60
    = 230,48rad /s
    ῳ = 230,48 rad /s

    Percepatan sudut fly wheel
    Diketahui : Δῳ = 230,48rad/s , Δt = 60 s

    Contoh :
    # Berat Fly well 50 kg, dengan jari-jari 0,5 meter. Maka besar momen Inersia :

    �� =1/2(50.〖0,5〗^2)
    =1/2(50.0,25)
    =6,25 Kg .��^2

    Nilai moment inersia tetap karena dimensi flywheel tidak berubah-ubah
    Ditanya :
    α = Percepatan sudut ( rad/s2 )
    Jawab :
    α = Δῳ : Δt
    = 230,48 rad/s : 120 s
    = 1,9207 rad / s2

    Torque fly wheel
    Diketahui :
    I = Momen inersia ( kg m2 )
    = 6,25 kg m2
    α = Percepatan sudut ( rad / s2 )
    = 1,9207 rad / s2
    Ditanya :
    T = Torsi ( Nm )
    Jawab :
    T = I . α
    = 6,25. 1,9207
    = 12,004 Nm
    Daya yang di hasilkan flywheel dengan satuan watt
    Diketahui :
    T = Torque ( Nm )
    = 12,004 Nm

    Rpm = Kecepatan rotasi fly wheel ( Rpm ) = 2200 Rpm
    60 000 = Nilai konstanta
    Ditanya :
    P = Daya ( Watt )
    Jawab :
    P = T . 2 π . RPM / 60000
    = 12,004 . 2 .3,14 . 2200 / 60000
    = 2,76 Kw
    = 2,76 x 1000
    = 2760 watt + P motor listrik 880 Watt
    = 3640 Watt


    ReplyDelete
  76. Halo brow, "Energi itu tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan", Jumlah Energi di alam semesta itu tetap, Energi itu bisa didapat (contoh energi listrik) dengan mengkonversi atau mentransformasi energi gerak (dari konversi gerak ke medan magnet, medan magnet pada coil menghasilkan GGL ---> Gaya gerak listrik, atau mengkonversi dari energi statis dengan proses kimia (sprti pada batre / solar cell) ... Nah itu motor di Couple, di Trigger dengan Energi Listrik terlebih dahulu, ... Saat akan di pakai listriknya / konversi Energi listrik gerak menjadi mekanik, akan ada loss ke mekanik dan Energi bunyi / suara ... Lha piye toh ??? Mudeng Ora Son! Pemikiran ini sama halnya seperti, di dalam sekeliling kaca cermin semua, dinyalakan lampu / cahaya, kemudian dimatikan, apakah di dalam ruangan yg Full cermin tersebut akan terang terus2 san??? weleh weleh ...

    ReplyDelete
  77. Loss disini maksudnya bertransformasi, berubah ke mekanik (gaya putar), ke suara / bunyi, ... ngerti ora son?! Klw konsep ini ok, mungkin tidak perlu susah2 bikin PLTA, PLTU ataupun Listrik Nuclear ... Weleh-weleh ...

    ReplyDelete
  78. Saya nggak banyak komen, projects saya ada di YouTube (SULARTO YouTube tv) meskipun blm selesai.Konsep saya menggunakan momentum putar dari roda fly wheel sebagai penggerak alternatornya.Dan saya suka komentar komentar saudara yg pro dan kontra.Itu menjadikan pemicu buat saya tambah optimis untuk bereksperimen, meskipun tidak sedikit biaya yg harus dikeluarkan.

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Halo gayy...gue masuk buat mastiin. Saya yakin energi yg di hasilkan pasti bisa sempurna dan mencukupi. Tapi semakin listik yg kita gunakan besar pasti dananya sangat bsar untuk membuatnya. Buat kita yg pas pasan ya cari aja alat trsebut di loakan... Biaya sedikit listrik tak ngedip puaassss gak bayar listrik...ko

    ReplyDelete
  81. saya ingin sekali membuat alat semacam ini tapi saya sulit untuk memahami, saya ingin mencoba beralih kepada listrik motor generator, seumpama bisa saya tidak ingin ketergantungan keada PLN.

    ReplyDelete
  82. Mohon pencerahan gan...
    Ini email daya
    muhamadmerat@gmail.com
    Trma kasi bnyak untuk yg memberi pncerahan

    ReplyDelete
  83. Aku urong mudeng blasss...bahasane rumit tenan.

    ReplyDelete
  84. Gan minta infonya kami ada generator bekas ginset 2.8 kw dengan mesin parut 1800 rpm 200watt....
    pertanyaan saya bisa gak jika di buat pereduksi sederhana dengan puly motor 5 inchi dan pully generator 4 inchi.
    minta tolong infonya di
    dickaputra112@Gmail.com trimakasih.

    ReplyDelete
  85. Mohon info nya saudara bagi yang sudah berhasil saya sedang belajar saya ada alternator 5000wt dan penggerak 2500rpm dan roda gila nya 20kg kira kira bisa nggak.... Mohon info nya wa081917192617 terimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
  86. Saya semakin yakin kalao yang saya usaha Kan ini pasti berhasil..... Ayo kawan maju terus kita sama sama Nerissa.. Bagi yang udah berhasil tolong dong info nya wa081917192617

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. Sy sangat tertarik dgn hasil karya bpk.sy sdg membuat listrik Tanpa bbm dgn penggerak 1800 rpm,flywheel 25kg dan generator 3000watt. Pada saat perpindahan arus dr PLN ke generator,malah putaranx menurun.sy gunakan pully A 56 dan dr flywheel ke generator B 50. mhn penjelasan krn tdk bekerja maksimal.apa masalahx...,pak.

    ReplyDelete
  89. Pak Iyes87, Mohon bantuan dan pencerahannya,
    saya sudah buat juga dengan spesifikasi
    Generator 3 Kw
    Motor 1 Hp
    Flywheel 13 Kg
    Ujicoba RPM 1450 dan tegangan generator 230 volt.
    Untuk perpindahan generator pln menggunakan Relay Omron MK2P
    Ketika pindah dari pln ke generator motor langsung mati drop. motornya panas.
    Mohon solusinya pak iyes87 biar perpindahan pln dan generator tidak drop.

    ReplyDelete
  90. Mohon maaf, saya sendiri belom sempet buat, rencana mau buat untuk dirumah 3000 watt.
    kalau tetap mati saat dipindah dari PLN, kita terus pakai PLN aja, setidaknya kita bisa merubah 250watt menjadi 3000 watt.
    Keuntungan secara tidak langsung bayar PLN jadi rendah.
    Tapi tetap kita cari inovasi lanjutan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Trimakasih admin...semangat berkarya

    ReplyDelete

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB