close

WASPADA !!! Saatnya Periksa Template Bolgger Kamu Sekarang

Goofstupid.com ~ Dua hari yang lalu saya iseng-iseng mengedit Template Blogger yang saya gunakan agar tampilan lebih responsif pada saat dibuka di mobile phone.

Template atau Theme Responsif sangat berpengaruh pada kunjungan dan rangking web kita di alexa rank . karna saya sudah pernah mengalami dan mungkin teman-teman pernah membaca postingan saya pengaruh themplate responsif pada trafik.

Seperti kita ketahui Template atau Theme adalah sebuah Pola yang digunakan untuk mendesain tata letak halaman, huruf, komponen warna, dan tampilan yang digunakan pada sebuah halaman web atau blog dinamis. sehingga template atau theme akan memberikan kesan yang berbeda pada sebuah halaman web.

Kejadian ini saya alami pada saat saya mencoba mengedit sendiri template tersebut agar lebih ringan dalam me-load halaman postingan blog yang saya pakai, saya menggunakan tool pengembang console dari google chrome untuk melihat apa saja yang terjadi pada saat halaman blog saya dibuka.

Namun saya terkejut bahwa Themplate Blogger yang selama ini saya pakai meng-load situs iklan diluar dari izin. yang anehnya situs iklan tersebut tersebut tidak tampak pada tamplilan web. namun ketahuan saat saya memeriksa kode javascript yang saya rasa aneh. Kode aneh tersebut telah di Obfuscator/encoder sehingga logika alur script yang dibuat tidak tampak.

Apa sih Obfuscator / Obfuscation ?
Obfuscator / Obfuscation adalah salah satu cara untuk melindungi kekayaan intelektual yang berada di dalam program yang tertulis dengan bahasa java/javascript. 

Obfuscator juga berarti kebingungan, tindakan ini disengaja untuk mengaburkan sejumlah source (kode) program. dengan tehnik ini seorang programmer dapat dengan sengaja menyembunyikan tujuannya dengan menyamarkan logikanya dengan tujuan mencegah terjadinya penyalahgunaan, reverse engginering, atau sebagai teta-teki untuk tantangan kepada programer dalam membaca source kode.

Namun tehnik Obfuscator banyak juga disalahgunakan oleh programer sebagai penyebaran virus malware, infeksi torjan, spyware yang menyusup dan memeata-matai komputer anda dan juga dapat merusak sistem komputer.

untuk menggunakan Obfuscator, sekarang sangat banyak disediakan secara gratis dan online, anda dapat mengunjungi situs "http://www.jsobfuscate.com/" untuk encode Obfuscator dan "http://encoder.mattiasgeniar.be/" untuk decode Obfuscator.

Contoh script yang telah di Obfuscator:
eval(function(p,a,c,k,e,d){e=function(c){return c.toString(36)};if(!''.replace(/^/,String)){while(c--){d[c.toString(a)]=k[c]||c.toString(a)}k=[function(e){return d[e]}];e=function(){return'\\w+'};c=1};while(c--){if(k[c]){p=p.replace(new RegExp('\\b'+e(c)+'\\b','g'),k[c])}}return p}('d e(){7 4=a 9(0);7 5=a 9(0);7 6=a 9(0);h(7 2=0;2<8 .3="" b="" c="5;8=4;b=6}" contains_thumbs="" f="" for="" function="" g="" i="" if="" length="" new="" pre="" relatedtitles="" relatedurls="" removerelatedduplicates_thumbs="" rray="" split="" thumburl="" tmp2="" tmp3="" tmp="" var="">
Saya merasa wajar jika sang pembuat Themplate meng-encode scripts yang telah dibuatnya, namun yang tidak bisa saya terima adalah penyisipan iklan dewasa yang membuat blog kita lambat dan munkin akan di benci olah google. ini sangat bepengaruh pada index blog kita di pencarian google. coba anda lihat gambar dibawah ini. ini adalah tampilan dari themplate lama yang saya pakai,
Coba anda lihat gambar yang saya kasi tanda garis bawah diatas. ada alamat URL yang error di load oleh javascript yang tertulis "http://mobile.bitterstrawberry.org/?id=1501&clickid=alldaypsd.com" .
saya penasaran link tersebut mengarah kemana, sehingga saya mencoba untuk membuka link tersebut di tab baru. 
Saat saya membuka di tab baru, URL tersebut di direct lagi ke alamat URL lain, dan terakhir url tersebut membuka satu halaman yang berisikan iklan XXX. seperti gambar berikut.
Dan akhirnya saya memilih untuk mengganti Themplate standard dari blogger yang disediakan secara gratis, ini adalah pelajaran buat saya dan buat teman-teman blogger yang lain, sehingga kita tidak asal tergiur untuk memasang themplate atau thema yang bagus buat blog kita. 

No comments:

Post a Comment

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB