close

Bingung Mau Memilih Hosting? baca dulu tips ini

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang hosting, sebaiknya kita harus tau dulu apa itu hosting.

Apa itu Hosting?

Hosting atau bahasa ilmiahnya Layanan host adalah Jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTPS, HTTP, FTP, Email dan DNS. sumber:www.wikipedia.com.


Untuk lebih memahami, saya sering menggunakan istilah hosting ini di ibaratkan dengan sebuah rumah,toko,atau gudang. yang mana rumah atau toko ini adalah tempat semua barang dagangan kita, seperti artikel, document, video, gambar, atau file yang akan kita pajang sedemikian rupa agar pengunjung dapat melihat kelengkapan dari toko kita.


Bandwidh dan Space Hosting.

Lengkap atau tidaknya barang dagangan kita tersebut tergantung dengan apa yang kita isi disana, tentu saja sebuah toko memiliki ukuran masing-masing sesuai dengan keinginan kita.

Space adalah ukuran dari hosting yang kita sewa, seperti toko memiliki ukuran yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan dan banyak barang yang kita pajang di toko tersebut, namun jika kita ingin menyewa toko, tentu saja kita menyediakan ruangan untuk gudang sebagai tempat stok dari barang yang kita pajang, maka lebih baik jika anda menyediakan ruang kosong untuk menampung stok artikel atau file yang sewaktu-waktu akan anda masukkan ke dalam toko anda.

Bandwith bisa di istilahkan dengan lebar jalan, jumlah banyak akses dan sebagainya. jika anda memiliki toko, tentu saja ingin memiliki akses yang luas ke toko tersebut, seperti jalan yang lebar, dan mulus. jika kita mempunyai jalan yang lebar ke toko kita, tentu saja pengunjung lebih cepat dan bisa banyak untuk pergi ke toko kita. istilah over bandwith banyak kita jumpai karna pengunjung yang menuju website tersebut banyak dan jalan yang disediakan kecil, maka terjadi macet seperti dijakarta hehehhehe...

Selain Hosting, toko kita juga wajib memiliki sebuah nama dan alamat, bayangkan jika anda memiliki toko dengan nama tidak ada dan informasi alamat pun tidak jelas, tentu saja pengunjung toko anda tidak bisa mencari toko anda karna tidak ada papan nama dan alamat yang jelas, bisa nyasar nanti ke kamar orang hehehhehe,,, mirip lagu ayu ting-ting,, alamat palsu.


Nama atau Domain.


Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server seperti webserver atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga berfungsi untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. (sumber:www.wikipedia.com).

jadi alamat sebuah hosting harus disertai dengan domain, domain ini bisa diibaratkan dengan nama dan alamat toko kita atau alamat POS. seperti "www.goofstupid.com" adalah sebuah alamat yang menuju ke toko yang saya miliki.

Perbedaan Hosting Gratis dengan Berbayar

Free Hosting
No Free Hosting
Price free buy
Suport no yes
Ads Barrner yes no
Security Data no yes
Acess Control low height
Guaranty no yes

Bagaimana Cara Memilih Hosting Yang Baik?

untuk memilih hosting yang baik, tentu saja kita harus melihat dulu apa saja fiture yang disediakan, hal-hal yang mesti diperhatikan saat memutuskan untuk menyewa hosting antaralain:

  • Security . semua penyedia layanan hosting tentu saja memiliki keamanan yang menjaga agar server yang digunakan bebas dari aktivitas jaringan yang mencurigakan, mereka biasa menggunakan firewall, tentu saja itu tidak cukup untuk menanggulangi masalah tersebut, tentu ada tenaga ahli yang disediakan untuk menanggulangi hal hal tersebut, jika tidak ada, maka sebaiknya anda berpindah ke penyedia layanan lain. karna firewall hanya dapat membantu keamanan yang umum saja, untuk itulah di butuhkan tim yang ahli dalam keamanan di bidang server.

  • Fiture dan Kapasitas.yang pertama anda harus menyesuaikan kapasitas dan fiture dengan kebutuhan anda, sebagai contoh anda menanamkan aplikasi di website anda, tentu saja aplikasi itu membutuhkan fiture library yang mendukung aplikasi anda, hal ini yang harus anda pertimbangkan selain fiture standar yang di sediakan oleh provider hosting tersebut.

  • Stabilitas Server. server yang stabil akan membuat aplikasi yang anda tanam di hosting berjalan dengan lancar, gangguan-gangguan dari luar seperti hacker yang mencoba meretas data di server dan spam dapat mengurangi kinerja dari processor dari server tersebut, dan dapat menyebabkan down dan tidak dapat diakses oleh klien. maka keamanan dan maintenence server tentu saja mempengaruhi stabilitas dari server.

  • BackUp Data. ini yang sangat penting karna menyangkut dengan nyawa toko anda, tanyakan kepada pihak penyedia layanan hosting, berapa sering mereka melakukan backup setiap bulan/perhari nya. sehingga kita dapat menyelamatkan data yang terhapus dikarenakan hardware server crass ataupun karna kesalahan kita yang tidak sengaja menghapus data di dalam hosting.

  • Service Layanan. Sebelum memilih hosting sebaiknya anda mencoba layanan yang diberikan hosting tersebut, anda dapat mencoba mengajukan pertanyaan teknis yang sering terjadi dan lihat apakah jawaban itu bisa anda terima atau tidak, sehingga anda tau kualitas dari pelayanan yang diberikan oleh web hosting tersebut.

  • Pengaturan Domain yang mudah. ada sebagian penyedia layanan hosting yang saya temukan sulit untuk mengatur name domain sendiri. sehingga saya harus membutuhkan waktuk untuk mnghubungi penyedia layanan agar membantu mengatur costume domain yang baru saya beli, karna penyedia hosting tersebut tidak menyediakan akses penuh untuk pengaturan costume domain. tentu saja hal ini dirasa kurang nyaman bagi anda karna kita tidak bebas dalam menentukan mana domain yang kita pakai.

  • Perusahaan yang jelas. banyak penyedia hosting yang menawarkan harga murah, tetapi badan usaha tidak jelas asal usulnya, tentu saja ini menjadi kekhawatiran atas data yang kita simpan disana, carilah informasi yang jelas terhadap penyedia layanan hosting anda, sebaiknya terdapat lokasi fisik usaha yang jelas dan bisa di telusuri.

  • Harga . pilihlah harga yang masuk akal dengan layanan yang disediakan oleh penyedia hosting, jangan tergiur dengan harga murah dan menyediakan fiture yang space dan bandwith yang lumayan. pilihlah dengan harga berbanding lurus atas fiture yang ditawarkan.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB