close

URL Shortener Made In Indonesia

URL Shortener Bukan Kata baru di dunia internet, namun bagi yang awam mungkin akan bertanya-tanya, jenis makanan apakah ini?

Apa Itu URL ??

URL Shortener Bukan sejenis makanan, namun URL Shortener adalah sebuah layanan penyingkat URL yang panjang menjadi URL pendek. seperti contoh: "http://www.goofstupid.com/2014/11/cerita-bapak-tua-yang-penjual-amplop.html" URL ini akan di perpendek menjadi "http://goo.gl/3JVocm".

URL singkatan dari (Uniform Recaurse Locator) yang merupakan rangkaian karakter suatu format stantard tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokument dan gambar di internet. 

URL hampir sama dengan Link, namun istilah Link lebih di tekankan hubungan antar halaman website yang saling berhubungan, sedangkan istilah URL lebih kepada alamat dokument atau gambar di dalam suatu penyimpanan media.

URL tersusun atas 3 bagian diantaranya:

  1. Format Transfer
  2. Nama Host
  3. Path berkas dokumen


Apa Fungsi URL Shortener?

Dari Artinya kita sudah tau bahwa URL Shortener gunanya untuk memperpendek, namun fungsi dari memperpendek URL ini adalah bertujuan agar mempersingkat karakter yang dimasukkan kedalam postingan, seperti saat kita menggunakan Twitter.

Twitter membatasi kita dalam penulisan karakter di postingan atau dengan istilah nge Tweet. saat kita ngeTweet kita dibatasi hanya bisa menggunakan 140 karakter saja. jika kita memasukkan alamat URL di tweet baru secara otomatis akan mengurangi jumlah karekter yang bisa digunakan karena panjangnya alamat URL yang kita masukkan.

namun dengan adanya URL Shortener ini, URL yang panjang tadi dapat di perpendek dan tidak akan mengurangi jumlah karekter yang akan kita masukkan.

Dimana Saya Bisa Menggunakan URL Shortener?

Untuk menggukanan Layanan URL Shortener, banyak penyedia layanan di internet yang menyediakan fiture ini. diantaranya adalah:

  1. http://goo.gl/ "Layanan ini disediakan gratis oleh google"
  2. http://adf.ly/  " Layanan Penyingkat URL yang digunakan sebagian pebisnis internet untuk menghasilkan uang, anda akan dibayar sesuai jumlah klik"
  3. https://bitly.com/ " Banyak digunakan oleh pengguna twetter"
  4. https://tr.im/ "menyediakan layanan penguncian pasword terhadap url yang di pendekkan"
  5. http://ow.ly/ " Juga banyak digunakan pengguna twetter"
  6. http://t.co/ " Layanan Khusus dari twetter"
  7. http://bit.do/ "layanan gratis dari bit.do"
  8. http://tinyurl.com/ " layanan dari tinyulr gratis"
dan banyak penyedia layanan gratis lainnya. anda bisa search di sini.

Layanan URL Shortener Indonesia?

Indonesia juga memiliki layanan ini seperti www.pandi.com yang memiliki kewenangan untuk mengelola tingkat tinggi domain indonesia (ID). pada tanggal 27 november 2014 pandi meluncurkan layanan penyingkat URL dengan nama s.id. 

anda bisa menggunakan layanan ini mulai sekarang di http://s.id/



5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. satu lagi gan, url shortener indonesia khusus untuk promosi produk sendiri ataupun produk afiliasi. http://lagi.promo

    ReplyDelete
  3. Advertising is just that -- A-D-V-E-R-T-I-S-I-N-G. You have to stand out. You have to grab attention. And you only have a few seconds to do that. You can have the greatest ad copy in the world, but if your link shows an affiliate id, your click throughs are going to be non-existent. url shortener

    ReplyDelete
  4. This is really useful, seeing as how I just made a couple of new test Threely's as I've since a long time ago lost the past ones. Following will presumably be a more intricate type of Sam's add a dash strategy to see how often a Threely's been clicked. google url shortener

    ReplyDelete
  5. Utilizing a shortened link keeps somebody from effortlessly taking out your subsidiary code.tinyurl

    ReplyDelete

Copyright © Go Of Stupid. All rights reserved. Template by CB